..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Strategi Pengembangan Eduwisata CV Ramadani Group PerspektiF Ekonomi Islam

Susilawati, susi (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Strategi Pengembangan Eduwisata CV Ramadani Group PerspektiF Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SUSILAWATI_401200289_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Eduwisata merupakan kegiatan perjalanan yang dilakukan wisatawan dan bertujuan memperoleh pendidikan, pembelajaran dan pengalaman yang menyenangkan. Strategi eduwisata ini digunakan oleh usaha CV Ramadani Group yaitu mengkolaborasikan antara wisata dan pendidikan. Produk yang ditawarkan oleh CV Ramadani Group diaplikasikan dalam bentuk kegiatan eduwisata. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut tentang strategi eduwisata CV Ramadani Group dalam Perspektif ekonomi Islam. Sehingga dapat dirumuskan masalah yaitu bagaimana strategi pengembangan eduwisata dalam perspektif ekonomi Islam? Mengapa menggunakan strategi eduwisata dalam inovasi wisata perspektif ekonomi Islam? Dan bagaimana dampak pengembangan eduwisata dalam perspektif ekonomi islam?
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis strategi pengembangan eduwisata CV Ramadani Group di kecamatan Lembeyan kabupaten Magetan dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada pemilik usaha, karyawan dan pengunjung CV Ramadani Group.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa eduwisata pada usaha CV Ramadani dalam pengembangan eduwisata dilakukan dengan maksimal baik dari kuantitas penyediaan produk dan kualitas pelayanan kepada pengunjung. Produk yang ditawarkan berkualitas bersih, suci dan bergizi, dan kegiatan edukasi dilayani dengan sepenuh hati salam, sapa, sopan dan ramah dan diberikan arahan atau bimbingan yang baik kepada peserta edukasi dan pengunjung yang datang. Kegiatan eduwisata tersebut melalui pemesanan terlebih dahulu dengan proses yang tersusun rapi dan selalu menepati janji atas permintaan dari pengunjung untuk menjaga kepercayaan pengunjung. Dalam menghadapi tigkah laku peserta edukasi bersikap sabar dan pengunjung atau konsumen yang selalu menawar, dan sabar menghadapi tingkah laku anak-anak peserta edukasi. Dampak dari eduwisata ini memberikan dampak baik bagi CV Ramadani Group yaitu menambah pemasukan, banyaknya pengunjung, pengunjung merasa puas terhadap edukasi yang diberikan karena CV Ramadani Group dalam usahanya selalu mengedepankan prinsip jujur dan adil dari kegiatan edukasi, dan produk yang berkualitas diberikan kepada pengunjung, dan terbukanya lowongan pekerjaan. Sehingga masyarakat sekitar mendapatkan pekerjaan atas adanya eduwisata di CV Ramadani Group yang membutuhkan tenaga kerja. Sehingga eduwisata CV Ramadani Group sudah sesuai dalam islam yaitu dengan sikap kejujuran, keadilan, kesabaran, dan kemaslahatan bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: RIDHO ROKAMAH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 May 2024 02:44
Last Modified: 08 May 2024 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27475

Actions (login required)

View Item View Item