STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI BANK SYARIAH INDONESIA KCP MAGETAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH

Septiana, Kharisma Maya (2024) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI BANK SYARIAH INDONESIA KCP MAGETAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402200037_Kharisma Maya Septiana_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Septiana, Kharisma Maya. Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Bank Syariah Indonesia KCP Magetan dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah. Skripsi. 2024. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Khoirun Nisak, M.SEI.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Tabungan Haji, Bank Syariah Indonesia
Perkembangan bank saat ini telah banyak mengalami perubahan, setiap Bank dihadapkan dengan masalah mengenai strategi pemasaran, sehingga bank harus dapat merumusakan bagaiamana strategi pemasaran yang tepat, Bank harus mengetahui pesaingnya. Bank harus terus membandingkan produk, harga dan penawarannya dengan produk pesaingnya. Dengan cara ini bank akan dapat mengidentifikasi kekurangan atau keungglan yang ada. Karena masalah strategi pemasaran produk tabungan haji masih kurang, dan perlu ditingkatkan .
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan haji seperti apa yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Magetan untuk meningkatkan jumlah nasabah, alasan segmentasi pemasaran terdapat dikalangan anak muda, serta dampak apa yang ditimbulkan akibat pemasaran yang dilakukan.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif, karena data yang didapat berupa uraian- uraian atau keterangan- keterangan yang didapat dari kegiatan wawancara.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa strategi pemasaran produk tabungan haji Indonesia KCP Magetan, yaitu diimplementasikan menggunakan strategi pemasaran syariah dengan mind share dengan merumuskan STP (Segmentasi, Targeting, Positioning), market share dengan merumuskan bauran pemasaran (marketing mix) berupa: Product (produk), Price (harga), Place (Tempat), dan Promotion (promosi), serta strategi pelayanan (service) dan value heart. Produk tabungan haji BSI KCP Magetan ini dipasarkan melalui: periklanan (Advertising), Penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (selling promotion), dan hubungan masyarakat (public relations).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khoirun Nisak
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 May 2024 02:42
Last Modified: 08 May 2024 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27474

Actions (login required)

View Item View Item