..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Pengelolaan Gangguan Sosio Emosional Pra Remaja Pada Kegiatan Kepramukaan Di MI Ma'arif Polorejo

Zahrotul Hamidah, Tiara (2024) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Pengelolaan Gangguan Sosio Emosional Pra Remaja Pada Kegiatan Kepramukaan Di MI Ma'arif Polorejo. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
Skripsi Tiara BPI 2024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap individu yang memasuki masa pra remaja dihadapkan pada permasalahan penyesuaian sosial, menentukan pilihan dalam proses berinteraksi dengan orang lain. Pembentukan pribadi, tingkah laku dan perilakusosial pada masa remaja awal banyak yang ditentukan oleh pengaruh lingkungan dan keluarga. Jika hal tersebut tidak memberikan pengaruh dengan baik maka individu akan kesulitan dan mengalami hambatan dalam perkembangan sosialnya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi dan wawancara secara langsung kepada subjek yang merupakan 9 orang sebagai peserta didik dan 6 orang sebagai subjek pendukung yang merupakan saudara terdekat dan guru kelas dari peserta didik.
Dalam penelitian ini, diperoleh hasil bahwa faktor penyebab terjadinya gangguan sosial emosional pra remaja adalah faktor kondisi keluarga, sosial pertemanan, usia. Bentuk perubahan perilaku sosial emosional ditandai dengan individu yang mudah menangis, emosi meledak-ledak, pelampiasan amarah dengan melempar barang disekitar, membully dan melakukan perundungan terhadap sesama teman yang lain, berkata kasar, mengolok olok guru juga pembina pendamping. Bentuk pengelolaan sosial emosional yang dilakukan berupa menyusun program pengelolaan amarah bagi remaja yang berisiko terhadap perilaku agresif, dengan menggunakan pendekatan perilaku kognitif-perilakuan, yang dapat meningkatkan kemampuan remaja dalam mengenal dan pengelolaan amarah, selain itu pembina pendamping juga melakukan pendekatan nilai keagamaan dengan peserta didik dan membangun komunikasi dengan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Muhamd Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 May 2024 02:40
Last Modified: 08 May 2024 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27471

Actions (login required)

View Item View Item