Strategi Bertahan Hidup Pengrajin Gerabah Di Desa Purwoasri Kecamatan Kebonagung Pacitan

Ula, Fina Nasikhatul (2024) Strategi Bertahan Hidup Pengrajin Gerabah Di Desa Purwoasri Kecamatan Kebonagung Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
FINA NASIKHATUL ULA 401200047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi bertahan hidup dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan yang dipilih secara optimal oleh rumah tangga kelas sosial ekonomi menengah ataupun bawah. Harapannya setelah dilakukan beberapa strategi bertahan hidup tersebut mampu mengatasi tekanan ekonomi yang dialami para pengrajin gerabah. Namun, pada kenyataannya beberapa strategi tersebut belum tentu mampu mengatasi masalah ekonomi yang terjadi.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi aktif, pasif, dan jaringan yang diterapkan pengrajin gerabah di Desa Purwoasri Kecamatan Kebonagung Pacitan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, metode analisis dalam penelitian ini adalah fenomenologi yaitu dengan menganalisis strategi bertahan hidup yang dialami pengrajin gerabah di Desa Purwoasri Kecamatan Kebonagung, Pacitan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Strategi aktif yang dialami keluarga pengrajin gerabah, yaitu mencari pekerjaan sampingan dengan menjadi buruh bangunan, buruh tani, petani dan pekerja serabutan. Serta adanya peran anggota keluarga, yaitu suami dan anak ikut bekerja demi membantu menambah pendapatan keluarga, serta memanfaatkan ladang untuk ditanami tanaman konsumsi yang mana nantinya dapat dikonsumsi sendiri. (2) Strategi pasif yang dialami pengrajin gerabah yaitu dengan menerapkan budaya hidup hemat seperti makan dengan lauk seadanya, jarang membeli pakaian, hanya membeli pakaian ketika menjelang lebaran dan jika mendapatkan untung banyak atau kondisi ekonominya baik, berobat ke puskesmas dengan KIS maupun BPJS, serta membeli obat di apotek ketika sedang sakit. (3) Strategi jaringan yang dialami pengrajin gerabah umumnya meminjam uang kepada saudara, tetangga, koperasi dan ada juga yang meminjam ke bank. Dengan adanya pemanfaatan strategi jaringan ini sangat berdampak positif dalam pengembangan usaha para pengrajin gerabah. Strategi jaringan dimanfaatkan untuk mendapatkan pinjaman uang dan untuk selanjutnya dipergunakan oleh pengrajin gerabah untuk mengembangkan usahanya, sehingga secara umum pendapatan berjualan akan menjadi meningkat dan pada khususnya akan berimbas kepada kesejahteraan keluarga pengrajin gerabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Choirul Daroji
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 May 2024 02:38
Last Modified: 08 May 2024 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27468

Actions (login required)

View Item View Item