..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK FULL S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur'an Sebagai Perlindungan (Studi Living Qur'an Praktik Ruqyah Ummul Qur'an Magetan)

Askhabul Kahfi, Hafidz Al-furqon (2024) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK FULL S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur'an Sebagai Perlindungan (Studi Living Qur'an Praktik Ruqyah Ummul Qur'an Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI UPLOAD PERPUS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Askhabul Kahfi, H.A. 2024 Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur’an Sebagai Perlindungan. Skripsi Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Ahmad Faruk, S.Ag, M.Fil.I.

Kata kunci : Living Qur’an, Ruqyah syar’iyyah, Al-Qur’an

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tentang dunia sihir dan perdukunan yang masih digunakan sebagai sarana perlindungan dikalangan masyarakat umum khususnya di Desa Mojorejo Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Sementara itu, menurut teori Living Qur’an, bahwa Al-Qur’an merupakan teks yang hidup ditengah masyarakat untuk diambil pelajaran serta manfaatnya sebagai pedoman dalam proses berkehidupan dimuka bumi. Oleh karena itu, penulis merumuskan skripsi yang berjudul “Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur’an Sebagai Perlindungan (Studi Living Qur’an Praktik Ruqyah Ummul Qur’an Magetan)” untuk menggali serta mengkaji lebih lanjut pada rumusan masalah penelitian ini dan hendak mengetahui (1) praktik penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai perlindungan (2) resepsi serta dampak masyarakat terhadap pemaknaan Al-Qur’an dalam praktik ruqyah rumah di Terapi Ruqyah Ummul Qur’an di Kota Magetan.
Dalam proses penelitian skripsi ini, penulis menggunakan penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teori Living Qur’an, fenomenologis dan resepsi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview, dokumentasi. Kemudian analisis data penelitian untuk menyempurnakan hasil penelitian.
Hasil dari penelitian dari skripsi adalah Pertama, praktik ruqyah rumah yang dilakukan oleh Terapi Ruqyah Ummul Qur’an. Tahapan proses ruqyahnya yaitu 1) Pembersihan dari benda-benda yang dikeramatkan sebagai pager atau pelindung 2) Membacakan doa dan ayat-ayat Al-Qur’an pada media air yang dicampur daun bidara 3) Air dipercikkan ke setiap sudut rumah kecuali kamar mandi dan sisanya digunakan untuk mandi dan minum pasien serta seluruh anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut. Kedua, Masyarakat Desa Mojorejo yang telah melakukan proses ruqyah syar’iyyah, memiliki respon serta dampak bahwa Al-Quran merupakan mukjizat yang sangat luar biasa, yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti wiridan dengan surat-surat maupun ayat-ayat tertentu dari Al-Qur’an, sebagai media yang digunakan dalam proses ruqyah, serta dapat menjadi rujukan hukum maupun tatacara dalam beribadah sesuai syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Faruk
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 May 2024 02:37
Last Modified: 08 May 2024 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27466

Actions (login required)

View Item View Item