..(TAMBAHKAN WATERMARK FULL S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Perbandingan antara Penginapan Syariah dan Non-Syariah di Kabupaten Pacitan

Dwi Astari, Erma (2024) ..(TAMBAHKAN WATERMARK FULL S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Perbandingan antara Penginapan Syariah dan Non-Syariah di Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Watermark Erma Dwi Astari.pdf

Download (26MB)

Abstract

Astari, Erma Dwi. “Perbandingan antara Penginapan Syariah dan Non-Syariah di Kabupaten Pacitan”. Skripsi, 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Khoirun Nisak, M.SEI.
Kata Kunci: Penginapan Syariah dan Non-Syariah, Layanan, Fasilitas, Harga
Penginapan merupakan sebuah usaha yang pada intinya menyediakan layanan untuk menginap atau beristirahat sesorang selama periode waktu tertentu. Tidak lain dengan penginapan yang berbasis dengan syariah yaitu tujuan utamanya adalah menyediakan tempat bagi tamu untuk beristirahat dan memberikan pelayanan, penyediaan fasilitas sesuai harga yang sesuai dengan kebutuhan. Perbedaannya, syariah sendiri mencangkup aturan-aturan tentang bagaimana umat Islam seharusnya hidup, serta menerapkan prinsip-prinsip syariah sesuai dengan fatwa DSN-MUI.
Penelitian bertujuan untuk menganalisis perbandingan layanan, fasilitas dan harganya pada penginapan syariah dan non-syariah yang berada di Kabupaten Pacitan. Selain itu tujuan lainnya untuk mengetahui apakah penginapan tersebut sudah sesuai dengan review yang diberikan pengunjung dengan pelayanan dan fasilitas sesuai harga yang ditawarkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penginapan syariah dan penginapan non-syariah mewakili dua pendekatan yang berbeda dalam industri perhotelan atau penginapan. Penginapan syariah menetapkan identitasnya melalui prinsip-prinsip syariah dengan pelayanan yang sesuai dengan syariat Islam, sementara penginapan non-syariah fokus pada kenyamanan dan kepraktisan tanpa menonjolkan nilai keagamaan serta membebaskan pengunjung dalam menginap.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khoirun Nisak
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2024 05:25
Last Modified: 07 May 2024 05:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27462

Actions (login required)

View Item View Item