EFEKTIVITAS KHUTBAH JUMAT DI MASJID AL-MUSYAROFAH DALAM ASPEK RELIGIUSITAS JAMAAH DUKUH BANGGEL DESA JEBENG

Salsabilas, Arina (2024) EFEKTIVITAS KHUTBAH JUMAT DI MASJID AL-MUSYAROFAH DALAM ASPEK RELIGIUSITAS JAMAAH DUKUH BANGGEL DESA JEBENG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
ARINA SALSABILA_BPI_303200005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penanaman nilai-nilai religius dapat di internalisasi secara kuat dalam diri setiap jamaah untuk membangun budaya religius. Oleh karena itu, tingkat internalisasi nilai-nilai agama seseorang menentukan seberapa besar dan seberapa jauh ia dapat mempengaruhi dan membentuk perilakunya. Wawasan dan kepribadian religiusnya akan terlihat melalui tindakan dan perilaku keagamaannya di daerah tersebut. Nilai-nilai religius akan muncul dan seseorang dapat melindungi diri ari segala hal negatif dalam hidup dengan berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan. Khutbah jumat mempunyai peran dalam menggali atau menumbuhkan rasa religiusitas pada jamaahnya. Khutbah Jumat merupakan media yang sangat relevan dan memadai dalam menangani permasalahan dalam fenomena masyarakat maupun memberikan pesan-pesan positif ataupun dakwah serta bimbingan kepada masyarakat, agar pemahaman masyarakat lebih baik terhadap peningkatan ibadah, sebab khutbah Jumat ini merupakan kegiatan rutin setiap seminggu sekali yang dilakukan oleh muslimin dan bersifat jamaah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif deskriptif. Jenis penelitiannya adalah fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, yang melibatkan lima informan diantaranya dua khatib dan tiga masyarakat. Teknik pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara menafsirkan data yang dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data secara keseluruhan. Teknik yang digunakan menganalisis data dalam penelitian ini reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan temuan, dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan gambaran religiusitas jamaah masjid Al-Musyarofah meliputi kegiatan keagamaan seperti, pengajian, ceramah, bimbingan spiritual. Pelayanan social, seperti, memeberikan sumbangan makanan kepada yang membutuhkan dan santri madin. Pasrtisipasi dalam pelestarian tradisi keagamaan, seperti, hajatan (genduren). Kegiatan ibadah sholat jamaah maupun sunnah. Saling memberi dukungan dan memperkuat ikatan keagamaan seperti, yasinan, barzanji, dan maulid nabi. Efektivitas khutbah jumat di Masjid Al-Musyarofah dalam meningkatkan kesadaran religiulitas masyarakat Dukuh Banggel Desa Jebeng, efektivitas khutbah jumat dalam meningkatkan kesadaran religiusitas jamaah Dukuh Banggel sebagai berikut: Jamaah yang mengikuti pengajian semakin bertambah, menambahnya minat dalam menolong sesama, memberi bantuan, seperti makanan dan minuman gratis kepada jamaah masjid dan santri madin, adanya antusias masyarakat dalam kegiatan tradisi keagamaan yang dulunya tradisi tersebut dianggap tidak terlalu penting menjadi hal yang patut di lestarikan meningkatnya jamaah sholat dan kegiatan keagamaan serta adanya antusias dalam mengikuti kegiatan kajian subuh mulai dari kalangan anak-anak kecil dan remaja.

Kata kunci: Efektivitas, Khutbah Jumat, Religiusitas

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: UMAR FARUQ THOHIR
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2024 03:55
Last Modified: 07 May 2024 03:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27461

Actions (login required)

View Item View Item