...PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Internalisasi Nilai-Nilai Qur'ani dalam Pembinaan Akhlak Siswa melalui Program Metode Usmani di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo

Trisdyanti, Siti Azizah (2024) ...PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Internalisasi Nilai-Nilai Qur'ani dalam Pembinaan Akhlak Siswa melalui Program Metode Usmani di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI SITI AZIZAH TRISDYANTI 201200187.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nilai-nilai Qur’ani merupakan nilai yang berkaitan dengan akhlak yang sumbernya berasal dari Al-Qur’an sehingga bersifat kuat karena ajaran Al-Qur’an bersifat mutlak dan universal. Dalam upaya menginternalisasikan nilai-nilai Qur’ani melalui pembiasaan-pembiasaan pada suatu kegiatan. Berbagai penelitian terkait nilai-nilai Qur’ani telah banyak dilakukan, namun belum ada yang mengambil fokus penelitian pada pembinaan akhlak siswa melalui program metode Usmani.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai Qur’ani pada program metode Usmani di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo; (2) menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam proses internalisasi nilai-nilai Qur’ani melalui program metode Usmani di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo. (3) menemukan implikasi internalisasi nilai-nilai Qur’ani pada program metode Usmani dalam pembinaan akhlak siswa di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis metode deskriptif studi lapangan dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman dan Saldana, yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan Uji Kredibilitas dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, mengadakan member check, dan menggunakan bahan referensi. Dilakukan juga keteralihan, pengujian dependable dan konfirmabilitas.
Dari hasil penelitian ditemukan: (1) proses internalisasi nilai-nilai Qur’ani dalam program metode Usmani terdiri dari 3 tahap yaitu tahap transformasi nilai melalui pesan moral, tahap transaksi nilai melalui interaksi pada proses pembelajaran dan tahap trans-internalisasi melalui keteladanan oleh guru, pengkondisian oleh guru dan proses pembiasaan yang dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung. (2) faktor pendukungnya adalah lingkungan, guru pendidik dan sarana prasarana di madrasah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dari diri siswa sendiri. (3) implikasi internalisasi nilai-nilai Qur’ani pada program metode Usmani dalam pembinaan akhlak siswa di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo adalah pada diri siswa sendiri yaitu tumbuhnya sikap keberanian siswa dalam mengajar karena terampilnya bacaan, munculnnya sikap kedisiplinan dan terlatihnya kesabaran siswa dan pada orang lain adalah tumbuhnya akhlak baik kepada guru dalam bertingkah laku dan dalam berbincang kepada guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: BUSTANUL YULIANI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2024 00:56
Last Modified: 07 May 2024 00:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27458

Actions (login required)

View Item View Item