Bagian Ahli Waris Berlipat dalam Tinjauan Fikih Mawa>ri>th (Studi Kasus di Desa Kembang Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan)

Hidayat, Sholikhul (2024) Bagian Ahli Waris Berlipat dalam Tinjauan Fikih Mawa>ri>th (Studi Kasus di Desa Kembang Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Naskah A4 Perpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hidayat, Sholikhul 2024. Bagian Ahli Waris Berlipat dalam Tinjauan Fikih Mawa>ri>th (Studi Kasus di Desa Kembang Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitian). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Mohammad Harir Muzakki, M.H.I.
Kata Kunci/Keywords: Bagian Ahli Waris Berlipat, Fikih Mawa>ri>th, Harta Warisan
Pembagian harta warisan sudah diatur dalam fikih mawa>ri>th. Masing-masing ahli waris telah ditentukan bagiannya. Namun demikian, pembagian harta warisan yang dilakukan tiga keluarga di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan sebagian ahli waris mendapatkan bagian yang berlipat. Berlipatnya bagian ahli waris tersebut akan ditinjau dengan ketentuan dalam fikih mawa>ri>th.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana praktik pembagian harta warisan berlipat di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan dalam tinjauan fikih mawa>ri>th? Kedua, bagaimana implikasi hukum praktik pembagian harta warisan berlipat di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan perspektif fikih mawa>ri>th?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan normatif-teologis. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Skripsi ini menyimpulkan: Pertama, praktik pembagian harta warisan yang dilakukan tiga keluarga tidak sesuai dengan fikih mawa>ri>th karena dalam fikih mawa>ri>th setiap ahli waris sudah diatur bagiannya masing-masing. Kedua, implikasi hukum praktik pembagian harta warisan berlipat yang dilakukan oleh tiga keluarga tidak bertentangan dengan fikih mawa>ri>th karena dilakukan dengan takharuj secara suka rela dengan merelakan hak bagiannya untuk ahli waris perawat pewaris.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mohammad Harir Muzakki
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2024 07:40
Last Modified: 06 May 2024 07:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27455

Actions (login required)

View Item View Item