Pengaruh Media Sosial, Tingkat Pendidikan, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Ibu Rumah Tangga Muslim Di Desa Sayutan, Kecamatan Parang, Magetan

Sari, Ade Julia Tika (2024) Pengaruh Media Sosial, Tingkat Pendidikan, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Ibu Rumah Tangga Muslim Di Desa Sayutan, Kecamatan Parang, Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401200139_Ade Julia Tika Sari_Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Sari, Ade Julia Tika. Pengaruh Media Sosial, Tingkat Pendidikan, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Ibu Rumah Tangga Muslim Di Desa Sayutan, Kecamatan Parang, Magetan. Skripsi. 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Khoirun Nisak, M.SEI.
Kata Kunci: Media Sosial, Tingkat Pendidikan, Gaya Hidup, dan Perilaku Konsumtif
Perilaku konsumtif merupakan suatu kegiatan seseorang ataupun individu dalam mengonsumsi barang ataupun jasa secara berlebihan dengan mengutamakan keinginan daripada kebutuhan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial, tingkat pendidikan, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif ibu rumah tangga muslim.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga muslim Desa Sayutan, Kecamatan Parang, Magetan dengan jumlah 1084 orang, dengan sampel penelitian sebanyak 92 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Quota Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan, Media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif ibu rumah tangga muslim, Tingkat pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif ibu rumah tangga muslim, Gaya hidup berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif ibu rumah tangga muslim, Ada pengaruh secara simultan media sosial, tingkat pendidikan, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif ibu rumah tangga muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nisak, Khoirun
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2024 02:36
Last Modified: 06 May 2024 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27452

Actions (login required)

View Item View Item