...(SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR BERTTD, LENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG)...Representasi Kegigihan Dalam Film Denias Senandung di Atas Awan Karya John De Rantau (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Ghoniy, Luqman Abdul (2024) ...(SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR BERTTD, LENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG)...Representasi Kegigihan Dalam Film Denias Senandung di Atas Awan Karya John De Rantau (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Trial Siap Up.pdf

Download (1MB)

Abstract

Luqman Abdul Ghoniy, 2024. Representasi Kegigihan Dalam Film Denias Senandung di Atas Awan Karya John De Rantau (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muchlis Daroini, M.Kom.I
Kata Kunci : Representasi, Kegigihan, Film, Semiotika Roland Barthes
Film merupakan salah satu dari media komunikasi yang kini hadir ditengah-tengah khalayak masyarakat dan merupakan hasil dari peerkembangn teknologi. Adanya film ini telah menarik banyak minat masyarakat untuk menikmati teknologi ini. Bakhan media televisi yang menjadi pelengkap hidup masyarakat menyimpulkan bahwa mereka hampir setiap waktu tidak dapat lepas dari dunia film. Film juga memberikan dampak yang cukup besar bagi masyarakat, secara tidak langsung film bisa mempengaruhi kebijakan atau perilaku suatu khalayak masyarakat itu sendiri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotik Roland Barthes, yang menguraikan dimensi makna dengan memisahkan antara makna denotatif dan konotatif. Makna denotatif merujuk pada makna yang konkret atau langsung, merupakan makna spesifik dari suatu tanda. Sementara itu, konotasi membawa makna yang bersifat subjektif; konotasi merujuk pada tanda yang terhubung dengan isi atau fungsi tanda lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana makna konotasi yang terkandung dalam film Denias, Senandung di Atas Awan, bagaimana makna denotasi yang terkandung dalam film Denias, Senandung di Atas Awan, dan bagaimana representasi kegigihan dalam film Denias, Senandung di Atas Awan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, serta representasi kegigihan dalam film Denias Senandung di Atas Awan.
Hasil dari penelitian yaitu film Denias senandung diatas awan memberikan gambaran tentang perjuangan untuk mencari pendidikan yang layak dengan menghadapi berbagai rintangan yang ada. Dari hal tersebut terdapat nilai-nilai kehidupan yang berarti yang dapat diambil dan menjadi motivasi bagi para anak-anak yang sedang berjuang mencari pendidikan. Film ini juga menggambarkan betapa pentingnya pendidikan bagi perkembangan dan kesuksesan seorang anak. Kisah perjuangan Denias, seorang anak dari suku pedalaman Papua, untuk mendapatkan pendidikan di kota besar, yang menunculkan makna representasi pentingnya akses pendidikan yang merata bagi semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2024 00:51
Last Modified: 07 May 2024 00:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27450

Actions (login required)

View Item View Item