Strategi Istri Dalam Meningkatkan Resiliensi Keluarga Ketika Suami Berada Di Penjara Perspektif Walsh (Studi Kasus Di Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo)

Muzaki, Arif (2024) Strategi Istri Dalam Meningkatkan Resiliensi Keluarga Ketika Suami Berada Di Penjara Perspektif Walsh (Studi Kasus Di Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ARIF MUZAKKI ETHESES.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ARIF MUZAKI. 2024. “Analisis Strategi Istri Dalam Meningkatkan Resiliensi Keluarga Ketika Suami Berada Di Penjara (Studi Kasus Di Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo)”. Skripsi. Fakultas Syariah Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) Ponorogo. Pembimbing Bapak Yudhi Achmad Bashori, M.H.I.
Kata kunci : Strategi Istri, Resiliensi Keluarga, Ketahanan Ekonomi Keluarga
Keluarga pada umumnya dipahami sebagai sekelompok orang yang berhubungan satu sama lain melalui hubungan ikatan darah, perkawinan, atau adopsi dan tinggal bersama. Namun, tidak menutup kemungkinan jika di dalam kehidupan berkeluarga melakukan Tindakan yang melanggar hukum dan di penjara. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor yakni, masalah ekonomi, tekanan sosial, faktor lingkungan, dan lain sebagainya. Ketika salah satu pihak dari pasangan tersebut di penjara tentunya akan sangat sulit dalam menjalankan kewajiban rumah tangga. Oleh karena itu, salah satu pihak dari mereka harus mempunyai strategi agar keluarganya bisa tetap bertahan.
Berdasarkan dari masalah di atas, peneliti tertarik menjadikannya sebagai tugas akhir dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana pemahaman istri dalam meningkatkan resiliensi keluarga Ketika suami berada di penjara perspektif resiliensi keluarga dan strategi ketahanan ekonomi keluarga? 2) Bagaimana analisis strategi istri dalam meningkatkan resiliensi keluarga Ketika suami berada di penjara perspektif resiliensi keluarga dan strategi ketahanan ekonomi keluarga?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknis pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, kedua keluarga sudah dapat memahami resiliensi keluarga menurut perspektif Walsh yaitu: sistem keyakinan (belief system), pola organisasi (organizational patterns), komunikasi yang positif (communication process). Selain itu, kedua keluarga juga sudah menerapkan strategi sesuai dengan perspektif Walsh yaitu selalu memberi apresiasi satu sama lain (apresiasi dan afeksi), membangun komitmen bersama agar bisa tetap bertahan (komitmen), berkomunikasi yang positif saat bertemu (komunikasi yang positif), dan tidak menyerah ketika mendapat ujian yang berat (kemampuan menghadapi tekanan dan krisis).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yudhi Achamad Bashori
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2024 02:41
Last Modified: 06 May 2024 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27445

Actions (login required)

View Item View Item