Studi Kelayakan Bisnis Pada Usaha Telur Asin Ramadani (Studi Kasus Pada Usaha Telur Asin Ramadani Desa Kedungpanji Lembeyan Magetan dan Cabang Danyang Ponorogo)

Nurcahyani, Herlina Poppy (2024) Studi Kelayakan Bisnis Pada Usaha Telur Asin Ramadani (Studi Kasus Pada Usaha Telur Asin Ramadani Desa Kedungpanji Lembeyan Magetan dan Cabang Danyang Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
HERLINA POPPY NURCAHYANI E-THESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam memulai sebuah usaha sangat penting untuk melakukan studi kelayakan bisnis. Karena untuk mempelajari secara mendalam tentang suatu usaha yang akan dijalankan, dalam menentukan layak atau tidak usaha tersebut. Untuk memulai studi kelayakan bisnis harus melihat dari beberapa aspek studi kelayakan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk menganalisis studi kelayakan bisnis yang dilakukan oleh pemilik usaha Telur Asin Ramadani. 2) untuk menganalisis kemlesetan prediksi dalam studi kelayakan bisnis pemilik usaha Telur Asin Ramadani. 3) untuk menganalisis dampak studi kelayakan bisnis terhadap kelayakan usaha Telur Asin Ramadani.
Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus. Dalam hal ini teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti, yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang dilakukan mengunakan teknik editing, pengorganisasian data, dan analisis data. Kemudian pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Hasil yang di dapat dari penelitian ini antara lain: 1) Usaha pusat Telur Asin Ramadani layak untuk dijalankan karena sudah menjalankan studi kelayakan bisnis dengan baik. Sedangkan pada usaha cabang belum layak untuk dijalankan karena belum melakukan studi kelayakan dengan baik. 2) Kemlesetan prediksi yang terjadi pada cabang Telur Asin Ramadani dikarenakan belum sesuainya aspek pasar dan pemasaran, aspek keuangan, aspek teknis, serta aspek manajemen dan organisasi. 3) Dengan melakukan studi kelayakan bisnis memberikan dampak positif terhadap pemilik usaha diantaranya dapat menambah pengetahuan jika ingin membuka usaha baru harus memperhatikan aspek-aspek studi kelayakan bisnis dengan baik. Selain itu dengan menerapkan studi kelayakan bisnis juga dapat menambah wawasan bagi pemilik usaha untuk meningkatkan aspek-aspek studi kelayakan bisnis pada pusat usaha Telur Asin Ramadani.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Verbena Ayuningsih Purbasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2024 02:29
Last Modified: 06 May 2024 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27443

Actions (login required)

View Item View Item