Strategi Komunikasi Persuasif Pengurus Pondok Dalam Membentuk Karakter Disiplin Santri DI Pondok Pesantren Al Mujaddadiyyah

Khalim, Muchamad Miftachul (2024) Strategi Komunikasi Persuasif Pengurus Pondok Dalam Membentuk Karakter Disiplin Santri DI Pondok Pesantren Al Mujaddadiyyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
skripsi muchamad miftachul khalim.pdf

Download (1MB)

Abstract

Khalim, Muchamad Miftachul. 2024. Strategi Komunikasi Persuasif Pengurus Pondok Dalam Membentuk Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al Mujaddadiyyah. Skripsi. Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan, Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Faiq Ainurrofiq, M.A.
Kata Kunci : Komunikasi Persusif, Karakter Disiplin, Pondok Pesantren.
Pondok pesantren Al Mujaddadiyyah adalah sebuah institusi pendidikan tradisional islam yang bertujuan memberikan pengajaran, pemahaman, pengalaman, dan penerapan ajaran islam, dengan fokus pada moral keagamaan sebagai pedoman perilaku sehari-hari. Di pondok pesantren juga memiliki santri yang berasal dari berbagai daerah. Karakter disiplin di pondok pesantren sangat diutamakan. Oleh sebab itu, pembentukan karakter disiplin ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pengurus untuk membentuk karakter disiplin pada santri.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi komunikasi persuasif yang dilakukan pengurus untuk membentuk karakter disiplin santri, dan mendeskripsikan bagaimana hasil strategi komunikasi persuasif yang dilakukan pengurus pondok untuk membentuk karakter disiplin santri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknis analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sumber data berupa sumber primer dan sekunder.
Kesimpulan penelitian dari strategi komunikasi persuasif pengurus pondok dalam membentuk karakter disiplin santri di pondok pesantren Al Mujaddadiyyah sebagai berikut : pertama, Pengurus pondok pesantren Al Mujaddadiyyah mengutamakan kemampuan santri dalam menerima pesan persuasif dengan memperhatikan tingkat pengetahuan, latar belakang, kecerdasan, dan kesempatan yang dimiliki oleh santri. Kedua, mengelompokkan santri berdasarkan usianya sebagai salah satu strategi komunikasi persuasif. Ketiga, penggunaan keteladanan untuk membentuk karakter disiplin. Keempat, hasil dari komunikasi persuasif pengurus pondok menghasilkan hubungan pengurus dan santri menjadi lebih dekat dan lebih terasa nuansa kekeluargaanya. Kelima, pendekatan komunikasi persuasif yang dilakukan oleh pengurus membentuk komunitas yang saling mendukung, memperkuat nilai kerjasama, serta saling menghargai antara pengurus dengan santri. Keenam, komunikasi persuasif yang holistik dan terarah menciptakan pondok pesantren Al Mujaddadiyyah menjadi tempat yang inspiratif dan mendukung bagi pertumbuhan spiritual, pribadi, serta intelektual para santri, sehingga tercipta lingkungan yang mampu mendukung karakter disiplin santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faiq Ainurrofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2024 02:35
Last Modified: 06 May 2024 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27437

Actions (login required)

View Item View Item