Tinjauan Hukum Islam dan Psikologi Islam Terhadap Mental dan Pola Pikir Anak di Desa Karang Tengah Kecamatan Selogiri Kbupaten Wonogiri (Studi Kasus Pola Asuh dan Komunikasi Jarak Jauh)

Nur, Dearsya Natalie Merya (2024) Tinjauan Hukum Islam dan Psikologi Islam Terhadap Mental dan Pola Pikir Anak di Desa Karang Tengah Kecamatan Selogiri Kbupaten Wonogiri (Studi Kasus Pola Asuh dan Komunikasi Jarak Jauh). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI DEARSYA NATALIE MERYA NUR 101200155.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nur, Dearsya Natalie Merya. 2024. Tinjauan Hukum Islam dan Psikologi Islam
Terhadap Mental dan Pola Pikir Anak di Desa Karang Tengah Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri (Studi Kasus Pola Asuh dan Komunikasi Jarak Jauh). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Hj. Rohmah Maulidia, M.Ag.
Kata Kuci/keywords : Hukum Islam, Psikologi Islam, Mental Anak, Pola Pikir
Anak, Pola Asuh Jarak Jauh, Komunikasi Jarak Jauh
Keluarga merupakan teladan utama bagi anak. Pendidikan dalam keluarga memiliki nilai strategis dalam pembentukan kepribadian anak melalui nilai dan norma dari orang tuanya. Bagaimana perkembangan anak ke depannya dilihat dari apa yang orang tua atau kerabat lakukan dan apa yang orang tua atau kerabat perlakukan kepada anak. Pada saat ini banyak anak yang tidak dirawat oleh orang tuanya atau hanya dirawat oleh salah satu orang tuanya saja di rumah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjauan hukum Islam dan psikologi Islam terhadap mental dan pola pikir anak pada keluarga yang memiliki pola asuh jarak jauh di Desa Karang Tengah Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri? Bagaimana tinjauan hukum Islam dan psikologi Islam terhadap mental dan pola pikir anak pada keluarga yang memiliki komunikasi jarak jauh di Desa Karang Tengah Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri?
Adapaun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan empiris. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi ini dapat disimpulkan bahwa benar adanya antara kesenjangan teori dan fakta di lapangan, sehingga apabila ditinjau dari hukum Islam khususnya KHI akan ada perbedaan begitu juga ditinjau dari psikologi Islam. Meskipun Kompilasi Hukum Islam pasal 77 ayat 3 menunjukkan kesesuaian orang tua dalam memenuhi kewajiban merawat anak, analisis psikologi Islam mengungkapkan adanya ketidaksesuaian. Seorang ibu tunggal, meskipun telah memenuhi tanggung jawab hukumnya, menerapkan pola asuh yang berpotensi merugikan, termasuk kekerasan fisik dan kata-kata kasar, yang dapat mempengaruhi anak secara negatif. Dampaknya terlihat pada seorang anak yang mengalami gangguan mental, khususnya kecemasan. Dalam konteks komunikasi jarak jauh yang mematuhi hukum Islam, kurangnya interaksi emosional antara orang tua dan anak dapat menimbulkan dampak psikologi yang signifikan, termasuk perilaku merokok pada seorang anak laki-laki yang lebih tertutup dan kurang mendiskusikan masalah hidupnya dengan orang tua. Peran ayah yang minim dalam kedua aspek ini juga menjadi faktor penentu dalam dinamika keluarga tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2024 02:35
Last Modified: 06 May 2024 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27434

Actions (login required)

View Item View Item