Pengaruh Financial Literacy, Quality of Information, dan Social Media Influencer terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Reksa Dana Syariah pada Aplikasi Bibit

Fatanalin, Fadlilata (2024) Pengaruh Financial Literacy, Quality of Information, dan Social Media Influencer terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Reksa Dana Syariah pada Aplikasi Bibit. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
FADLILATA FATANALIN SKRIPSI ETHESES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Financial literacy adalah pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengelola sumber keuangannya. Quality of information merujuk pada sejauh mana informasi yang disediakan oleh platform tertentu sehingga dapat dipercaya, relevan, dan akurat. Social media influencer merupakan seseorang dengan jumlah pengikut yang besar pada satu atau beberapa platform media sosial. Minat investasi adalah keinginan seseorang untuk mengetahui dan belajar segala suatu hal yang berhubungan dengan investasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh investor muda yang seringkali hanya memperhatikan tingkat imbal hasil yang ditawarkan namun kurang memperhatikan dampak negatif yang mungkin dihadapi. Hal tersebut berakibat apabila investasi tidak sesuai yang diharapkan, maka akan mengakibatkan ekspektasi yang tidak realistis dan reaksi negatif sehingga investor muda enggan untuk melakukan investasi kembali.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis minat mahasiswa berinvestasi reksa dana syariah pada aplikasi Bibit. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah sampel sebesar 80 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Variabel financial literacy, quality of information dan social media influencer secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi reksa dana syariah pada aplikasi Bibit dengan hasil uji F, yaitu fhitung sebesar 43,985 > 2,737 fTabel. Financial Literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi reksa dana syariah pada aplikasi Bibit dengan nilai t hitung > t Tabel, yaitu 2,452 > 1,666 dan nilai signifikansi sebesar 0,017 < 0,05. Quality of Information berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi reksa dana syariah pada aplikasi Bibit dengan nilai t hitung > t Tabel, yaitu 2,064 > 1,666 dan nilai signifikansi 0,043 < 0,05. Social Media Influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi reksa dana syariah pada aplikasi Bibit ditunjukkan dengan t hitung > t Tabel, yaitu 3,894 > 1,6662 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fibrianis Puspita Anhar
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2024 02:30
Last Modified: 06 May 2024 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27430

Actions (login required)

View Item View Item