Pemenuhan Hak Anak Pasca Perceraian Perspektif Hukum Positif dan Teori Tujuan Hukum Gustav Radbruch (Studi di Desa Bekiring Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo)

Kanifah, Anisa Nur (2024) Pemenuhan Hak Anak Pasca Perceraian Perspektif Hukum Positif dan Teori Tujuan Hukum Gustav Radbruch (Studi di Desa Bekiring Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
PEMENUHAN HAK ANAK PASCA PERCERAIAN PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN TEORI TUJUAN HUKUM GUSTAV RADBRUCH (Studi di Desa Bekiring Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo)..pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Kanifah, Anisa Nur, 2024. Pemenuhan Hak Anak Pasca Perceraian di Desa Bekiring Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo Perspektif Hukum Positif dan Teori Tujuan Hukum Gustav Radbruch. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr Lukman Santoso, M.H.
Kata Kunci/Keyword: Hak Anak Pasca Perceraian, Hukum Positif, Teori Tujuan Hukum Gustav Radbruh, Hukum Keluarga Islam, Ponorogo.
Penelitian ini berangkat dari problem pemenuhan hak anak pasca perceraian yang kurang terpenuhi oleh kedua orang tuanya. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan hak anak pasca percaraian di desa Bekiring Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo perspektif hukum positif. Serta, untuk mengetahui implementasi hukum positif terhadap pemenuhan hak anak pasca perceraian di desa Bekiring Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo perspektif teori tujuan hukum Gustav Radbruch.
Penelitian ini mengambil rumusan masalah: 1) Bagaimana pemenuhan hak anak pasca perceraian di desa Bekiring Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo perspektif hukum positif?. 2) Bagaimana implementasi hukum positif terhadap pemenuhan hak anak pasca perceraian di desa Bekiring Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo perspektif teori tujuan hukum Gustav Radbruch?.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan (field reseacrh), dimana hasil pada penelitian ini cenderung bersifat deskriptif karena menggunakan analisis. Pendekatan yang dipakai adalah yuridis normatif dengan jenis penelitian klinis. Metode pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa pemenuhan hak anak pasca perceraian di Desa Bekiring Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo perspektif hukum positif belum terpenuhi dengan baik. Dari 6 warga yang peneliti jadikan informan dapat diketahui bahwa, dalam aspek pengasuhan yang meliputi memberikan perhatian, kasih sayang, bimbingan, pendidikan, dan pemenuhan kebutuhan fisik, dua informan sudah sesuai sementara empat lainnya belum. Aspek pemenuhan nafkah (ayah) yang meliputi sandang, pangan, tempat tinggal, pendidikan, dan perlindungan, sudah terpenuhi oleh ayahnya dengan segala upaya, satu informan pemenuhan nafkah dilaksanakan oleh ibunya. Aspek pengasuhan anak yang belum mumayyiz ikut ibunya, satu sudah sesuai sementara lima lainnya dalam pengasuhan ayah. Implementasi hukum positif terhadap pemenuhan hak anak pasca perceraian di Desa Bekiring Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo perspektif teori tujuan hukum Gustav Radbruch, dalam aspek keadilan hukum mengenai anak yang sudah mumayyiz berhak memilih tinggal bersama ayah/ibu belum terlaksana. Dalam aspek kemanfaatan hukum sebagian sudah terlaksana, namun mengenai pengasuhan anak yang belum mumayyiz belum terlaksana dengan baik. Sedangkan aspek kepastian hukum belum terlaksana dengan baik, namun prihal nilai kepastian untuk memperoleh nafkah dari ayah sudah terlaksana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2024 02:29
Last Modified: 06 May 2024 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27428

Actions (login required)

View Item View Item