..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN,TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG).. Perilaku Pedagang Pasar Legi Ponorogo Perspektif Etika Bisnis Islam

Makhrodin, Yusuf (2024) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN,TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG).. Perilaku Pedagang Pasar Legi Ponorogo Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI YUSUF MAKHRODIN 401180339 ES.docx

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan pasar yang menjadi tempat transaksi jual beli. Hal tersebut masih sangat rentan dengan perilaku pedagang yang mengabaikan etika bisnis Islam dalam menjalankan usahanya. Akibatnya pedagang akan bertolak belakang dari tata cara berdagang secara syari’at Islam dikarenakan sikap ingin mendapatkan keuntungan yang besar dengan cara apapun sehingga konsumen dirugikan oleh praktek yang tidak dilandasi dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam seperti mengurangi takaran timbangan dan menyembunyikan barang kualitas buruk didalam kemasan yang tertutup barang kualitas bagus.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perilaku pedagang dalam prinsip etika bisnis Islam di pasar Legi Kabupaten Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan ditinjau dari lokasi sumber datanya termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, dan wawancara. Sedangkan teknik pengelolaan datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses analisis data, Peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan cara berfikir deduktif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pemahaman pedagang di pasar Legi mengenai etika berdagang dalam Islam disimpulkan bahwa para pedagang kurang mengetahui etika bisnis Islam. Akan tetapi, dalam melaksanakan transaksi berdagang mereka menggunakan aturan yang telah diatur oleh agama Islam. Kedua, perilaku pedagang di pasar Legi telah sesuai dengan etika bisnis Islam yang meliputi, tidak melupakan ibadah shalat wajib, berdo’a dan bersedekah, adil atau seimbang dalam menimbang atau menakar dan tidak menyembunyikan cacat, memberikan kebebasan kepada penjual baru dan tidak memaksa pembeli, menepati janji dan bertanggungjawab atas kualitas barang, bersikap ramah tamah dalam melayani dan bermurah hati dengan memberi waktu tenggang pembayaran. Namun, sebagian perilaku pedagang ada yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu lalai dalam menjalankan ibadah shalat wajib ketika melakukan transaksi jual beli, tidak menepati janji, tidak bersikap ramah kepada pembeli dan tidak memberikan waktu tenggang pembayaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2024 02:26
Last Modified: 06 May 2024 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27427

Actions (login required)

View Item View Item