Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Jual Beli Shakira Official Online Shop Di kecamatan Arjosari Pacitan

Miftakhuljanah, Miftakhuljanah (2024) Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Jual Beli Shakira Official Online Shop Di kecamatan Arjosari Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Miftakhuljanah 102200088 HES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Miftakhuljanah, 2024. Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Jual Beli Shakira Official Online Shop di Kecamatan Arjosari Pacitan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah Institut Agama Islam. Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing M. Ilham Tanzilulloh M.H.I.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, dan Implementasi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku pada penjual di Toko Shakira Official Online Shop di Kecamatan Arjosari Pacitan yang mengabaikan etika bisnis Islam dalam menjalankan bisnisnya. Dalam hal ini perilaku yang dilakukan oleh penjual dapat menimbulkan kerugian bagi pihak lain, kerugian ini terjadi karena penjual tidak mau mengganti barang yang rusak atau cacat yang dibeli oleh pembeli, tidak menerima keluhan dari pembeli dengan baik, tidak bertanggung jawab atas keterlambatan barang.
Adapun rumusan masalah dari latar belakang tersebut yaitu bagaimana analisis prinsip-prinsip etika bisnis Islam terhadap akad jual beli Shakira Official Online Shop di Kecamatan Arjosari Pacitan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif, yaitu suatu kegiatan penelitian yang dilaksanakan di lapangan atau di tempat penelitian guna untuk meneliti gejala objektif yang terjadi di lapangan. Pendekatan penelitian kualitatif adalah suatu penelusúran untuk menjelajahi dan memahami suatu gejala yang terjadi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas.
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli yang dijalankan Toko Shakira Official Online Shop di Kecamatan Arjosari Pacitan tidak sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yakni dalam aspek kejujuran, sikap amanah dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 May 2024 07:50
Last Modified: 03 May 2024 07:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27420

Actions (login required)

View Item View Item