PENGARUH INOVASI PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT DI PAHLAWAN RELIGI CENTER (PRC) KOTA MADIUN

Cahyani, Annisa Fitri Dyah (2024) PENGARUH INOVASI PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT DI PAHLAWAN RELIGI CENTER (PRC) KOTA MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESIS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Cahyani, Annisa Fitri Dyah. Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, Dan Harga Terhadap Minat Beli Masyarakat Pahlawan Religi Center (PRC) Kota Madiun. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Hj. Ely Masykuroh, SE,MSI.

Kata Kunci: Harga, Inovasi Produk, Minat Beli, Promosi.

Pahlawan Religi Center (PRC) merupakan ikon wisata religi yang berlokasi di Jl. Pahlawan Kota madiun. Lokasi tersebut tepatnya di Taman Umis. Selain itu terdapat 12 ruko dengan produk yang dijual sangat bervariasi mulai dari makanan ringan, makanan berat, minuman, dan beberapa pakaian serta pernak pernik lainnya. Karena kurangnya minat masyarakat yang ada pada saat wisata di PRC sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, Dan Harga Terhadap Minat Beli Masyarakat Di Pahlawan Religi Center (PRC) Kota Madiun
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat PCR Kota Madiun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling incidental. metode pemberian angket dilakukan dengan acak kepada 97 responden Masyarakat PRC yang pernah melakukan pembelian maupun belum pernah melakukan pembelian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan analisis data menggunakan software SPSS versi 25. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis merupakan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil pengujian secara parsial (uji t) dalam penelitian ini menjelaskan jika inovasi produk dengan koefisien beta = 0,290 serta koefisien sig = 0.000 < 0.05, hal ini berarti inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Untuk promosi dengan koefisien beta = 0,254 serta koefisien sig = 0.000 < 0.05, dari penjelasan tersebut berarti promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Untuk harga dengan koefisien beta = 0,345 serta koefisien sig = 0.000 < 0.05, dari penjelasan tersebut maka harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hal ini berarti keseluruhan variabel memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minta beli masyarakat Pahlawan Religi Center (PRC) Kota Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 May 2024 07:49
Last Modified: 03 May 2024 07:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27419

Actions (login required)

View Item View Item