Tinjauan Fatwa DSN MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 Terhadap Pengembangan Kawasan Pariwisata Halal Di Telaga Ngebel Ponorogo

Sodiq, Auliya Ja'far (2024) Tinjauan Fatwa DSN MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 Terhadap Pengembangan Kawasan Pariwisata Halal Di Telaga Ngebel Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Auliya Ja'far Sodiq_HES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sodiq, Auliya Ja’far 2024. Tinjauan Fatwa DSN MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 Terhadap Pengembangan Kawasan Pariwisata Halal Di Telaga Ngebel Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Rooza Meilia Anggraini, M.H.

Kunci: Pariwisata Halal, Wisatawan Muslim, Prinsip Islam

Pariwisata halal adalah kegiatan wisata yang di dalamnya mengemas nilai dan prinsip Islam yang dapat dinikmati semua wisatawan dengan memenuhi kebutuhan wistawan Muslim sebagaimana diatur dalam Fatwa Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah. Adanya Fatwa menjadi sebuah pedoman dalam menjalakan pariwisata halal di Telaga Ngebel Ponorogo sesuai dengan ketentuan didalamnya mulai dari destinasi wisata, pelayanan penginapan dan rumah makan sebagaimana dalam implmentasi Fatwa.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana implementasi pengembangan wisata halal di Telaga Ngebel Ponorogo berdasarkan Fatwa DSN-MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah? (2) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam pengembangan di kawasan pariwisata Telaga Ngebel Ponorogo berdasarkan Fatwa DSN-MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah?

Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah metode induktif

Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa: pertama, implementasi pengembangan berdasarakan Fatwa DSN-MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah belum sepenuhnya dilakukan sesuai dengan pedoman penyelenggaraan pariwisata halal walaupun telah memenuhi beberapa aspek pengembangan sebagaimana dalam fatwa yaitu terkait penyediaan fasilitas dan layanan yang ramah wisatawan muslim. Kedua, terpenuhinya faktor pelaksanaan yang sesuai dengan Fatwa DSN-MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah mempengaruhi faktor keberhasilan dalam mendukung kegiatan pariwisata halal di Telaga Ngebel Ponorogo. Namun, belum terlaksanannya sebagaian faktor pendukung menjadikan sebuah hambatan dalam mengembangkan pariwisata halal di kawasan Telaga Ngebel Ponorogo karena belum dilaksanakan sebagaimana dalam pedoman penyelenggaraan sesuai Fatwa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rooza Meilia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 May 2024 04:56
Last Modified: 02 May 2024 04:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27411

Actions (login required)

View Item View Item