Strategi Pengembangan UMKM Tusuk Sate Berbasis Ekonomi Kreatif di Kecamatan Dolopo

Amfri, Wahyu Widyaningrum (2024) Strategi Pengembangan UMKM Tusuk Sate Berbasis Ekonomi Kreatif di Kecamatan Dolopo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
401200129_Wahyu Widyaningrum Amfri_Ekonomi Syariah.pdf

Download (737kB)

Abstract

Amfri, Wahyu Widyaningrum. Strategi Pengembangan UMKM Tusuk Sate Berbasis Ekonomi Kreatif di Kecamatan Dolopo. Skripsi. 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Khoirun Nisak, M.SEI.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, UMKM, Ekonomi Kreatif.
Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia memiliki dampak signifikan dalam perekonomian, penyerapan tenaga kerja, dan distribusi pendapatan. Namun, UMKM menghadapi tantangan selama pandemi COVID-19, terutama pada tahun 2020-2021. Hasil survei menunjukkan bahwa banyak UMKM mengalami penurunan pendapatan, permintaan produk, dan nilai aset. Namun, pada tahun 2022, UMKM kembali tumbuh dengan baik, menunjukkan pemulihan ekonomi yang positif. Pemerintah berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM sebagai pilar utama dalam pemulihan ekonomi nasional.
Tujuan utama penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan UMKM tusuk sate berbasis ekonomi kreatif di Kecamatan Dolopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. subjek penelitian adalah pemilik usaha UMKM tusuk sate di Kecamatan Dolopo. Data Primer diperoleh melalui wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, artikel, dan jurnal terkait.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Pengembangan UMKM tusuk sate berbasis ekonomi kreatif memiliki potensi untuk meningkatkan produktivitas dan dampak ekonomi positif. Namun, tantangan seperti keterbatasan modal, kurangnya pelatihan, dan kondisi cuaca mempengaruhi produksi dan pemasaran. Oleh karena itu, diperlukan strategi mengembangkan UMKM tusuk sate secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 May 2024 04:55
Last Modified: 02 May 2024 04:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27410

Actions (login required)

View Item View Item