Analisis Potensi Pengembangan Ekonomi Pariwisata di Desa Biting Kabupaten Ponorogo

Salas, Muhammad Chifdhia (2024) Analisis Potensi Pengembangan Ekonomi Pariwisata di Desa Biting Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401200079 - MUHAMMAD CHIFDHIA SALAS - EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sektor pariwisata berperan penting dalam menggerakkan perekonomian yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dan menganalisis potensi pengembangan ekonomi pariwisata di Desa Biting, Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi ekonomi pariwisata di Desa Biting Kabupaten Ponorogo dengan daya tarik wisata yang paling bagus adalah Bukit Paralayang Plered dan Bukit Suharto. Selain itu juga terdapat potensi lain yakni: Bukit Perkemahan, Taman Sumorobangun Flowers, Situs Budaya Setono Pangonan, Sungai Sumorobangun, Jembatan Pelangi Biting, Kawasan Rest Area Biting. Kemudian terdapat budaya seni reyog ponorogo dan seni karawitan. Wujud pengembangan yang dilakukan meliputi pengembangan dan pembangunan infrastruktur pariwisata yang mana telah mencakup aspek Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Sumber Daya Manusia, Pelibatan Masyarakat, Industri, dan Pemasaran atau Promosi. Pengembangan potensi ekonomi pariwisata di Desa Biting, Kabupaten Ponorogo memberikan dampak yang positif, termasuk peningkatan tingkat hidup masyarakat, budaya serta tradisi dapat lestari, memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat, pertumbuhan industri kecil dan menengah, promosi produk lokal, pelestarian alam dan lingkungan, mengangkat citra bangsa, memupuk rasa cinta tanah air, memperkukuh jati diri dan kesatuan bangsa, serta mempererat persahabatan antarbangsa. Meskipun demikian, peneliti juga menyoroti perlunya pengembangan SDM di Desa Biting untuk memaksimalkan potensi yang ada. Oleh karena itu, pemerintah desa perlu melakukan upaya dalam pengembangan SDM sebagai langkah untuk mengoptimalkan manfaat dari potensi pariwisata yang dimiliki.
Kata kunci: Potensi Wisata, Infrastruktur Pariwisata, Peningkatan Ekonomi, Kualitas SDM

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 May 2024 01:04
Last Modified: 02 May 2024 01:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27405

Actions (login required)

View Item View Item