...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, SCAN LEMBAR BERTTD JELAS DAN UTUH, DAN LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGUPAHAN TENAGA KERJA BORONGAN (STUDI KASUS DI MEBEL UD JATI FATHAN DESA TANJUNGREJO KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN)

Faizatuzzulfa, Eka Nur (2024) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, SCAN LEMBAR BERTTD JELAS DAN UTUH, DAN LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGUPAHAN TENAGA KERJA BORONGAN (STUDI KASUS DI MEBEL UD JATI FATHAN DESA TANJUNGREJO KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
EKA NUR FAIZATUZZULFA 102200018 HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Faizatuzzulfa, Eka Nur. 2024. Tinjauan Hukum Islam terhadap pengupahan Tenaga Kerja Borongan (Studi Kasus di Mebel UD Jati Fathan Desa Tanjungrejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Prof. Dr. Miftahul Huda.M.Ag.

Kata Kunci / Keyword : Hukum Islam, Pengupahan, Ijārah, Tenaga Kerja

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia senantiasa harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Memasuki perkembangan era industrialisaisi yang bersifat global, persaingan industri semakin kompetitif. Seperti halnya dalam bentuk pengupahan setiap tenaga kerja yang dilakukan di Mebel UD Jati Fathan Desa Tanjungrejo, menggunakan suatu akad yakni Ijārah. Dalam pengupahan terhadap tenaga kerja terkadang tidak ada kesesuaian dalam hal waktu pengupahan seperti yang dijanjikan atau kontrak sebelumnya. Dalam hal pengupahan, disitu terdapat hak para tenaga kerja untuk meminta gaji mereka. Berangkat dari latar belakang tersebut penulis melakukan penelitian dengan Judul Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pengupahan Tenaga Kerja Borongan di Desa Tanjungrejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun.
Permasalahan yang diteliti adalah yang pertama, bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap sistem pengupahan tenaga kerja Borongan di Mebel UD Jati Fathan Desa Tanjungrejo? Kedua, bagaimana analisis Hukum Islam terhadap penundaan pengupahan tenaga kerja di Mebel UD Jati Fathan Desa Tanjungrejo?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dalam hal ini penulis menyimpulkan bahwa dalam sistemnya, perusahaan belum sesuai dengan syarat dan ketentuan hukum Islam dari segi keadilan, dan kelayakan. Karena upah yang dipeoleh belum mencukupi sandang, pangan, papan dan masih jauh dari batas UMK. Dalam Akad ini penulis mengambil kesimpulan bahwa tidak jelasnya akad sehingga terdapat unsur Ghārar (ketidakjelasan) dalam pembayaran yang menyebabkan terjadinya kasus penundaan pengupahan tenaga kerja dan dapat disimpulkan mengenai praktik waktu pengupahan tenaga kerja Borongan di Mebel UD Jati Fathan Desa Tanjungrejo menimbulkan kerugian bagi para tenaga kerja dan jika ditinjau menurut fiqh muamalah praktik pengupahan ini belum sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Hal ini dikarenakan praktik pengupahan yang terjadi mengandung unsur ketidakpastian kapan estimasi waktu pembayaran dan uang yang seharusnya digunakan untuk memberikan upah karyawan digunakan untuk hal lain, sehingga menyebabkan menurunnya Ekonomi para tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 May 2024 00:59
Last Modified: 02 May 2024 00:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27401

Actions (login required)

View Item View Item