Kyai Kampung Dan Perubahan Sosial (Studi Kasus Peran Kyai dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat di Dusun Gading Desa Bungu Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo)

Wijaya, Lanan Dwi (2024) Kyai Kampung Dan Perubahan Sosial (Studi Kasus Peran Kyai dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat di Dusun Gading Desa Bungu Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201200328_LANAN DWI WIJAYA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Wijaya, Lanan Dwi. 2023. Kyai Kampung dan Perubahan Sosial (Studi Kasus Peran Kyai dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat di Dusun Gading Desa Bungu Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Nur Kolis, Ph.D.
Kata Kunci: Kyai Kampung, Perubahan Sosial, Kegiatan Keagamaan
Kyai kampung merupakan sebutan bagi pemuka agama yang ada di lingkungan pedesaan dan biasanya hidup sebagai pengasuh musala atau masjid. Mereka berperan penting dalam menyebarkan ajaran agama Islam di lingkungan pedesaan dengan melalui kegiatan keagamaannya. Berdasarkan observasi awal, peneliti melihat bahwa kondisi lingkungan di Dusun Gading, Desa Bungu, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, mulanya masih banyak masyarakat yang belum terlalu paham mengenai agama dan ibadah serta banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh masyarakat khususnya pada kalangan anak muda seperti mabuk-mabukkan. Namun setelah adanya kyai, penyimpangan-penyimpangan tersebut lambat laun mulai menghilang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kyai dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat di Dusun Gading, Desa Bungu, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, respon masyarakat terhadap peran kyai dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat di Dusun Gading, Desa Bungu, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, serta implikasi peran kyai dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat di Dusun Gading, Desa Bungu, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Miles, Huberman dan Saldana yang langkah-langkahnya berupa kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Terdapat tiga peran yang diemban oleh kyai kampung di Dusun Gading, Desa Bungu, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo yaitu sebagai pendidik, agen perubahan sosial, dan tokoh agama. (2) Respon masyarakat terhadap peran kyai dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat di Dusun Gading, Desa Bungu, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo ini sangat beragam, ada yang senang dan ada yang tidak senang terhadap segala upaya yang dilakukan oleh kyai. (3) Implikasi dari peran kyai dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat di Dusun Gading, Desa Bungu, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, masyarakat di Dusun Gading, Desa Bungu, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo mengalami perubahan, baik perubahan perilaku maupun pola pikir dan tentunya menjadi masyarakat yang lebih agamis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:00
Last Modified: 30 Apr 2024 01:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27382

Actions (login required)

View Item View Item