Komunikasi Islam Pengasuh Pondok Dalam Melatih Adaptasi Santri Baru (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al Jayadi Dagangan Madiun)

Jahro, Fatim Matul (2024) Komunikasi Islam Pengasuh Pondok Dalam Melatih Adaptasi Santri Baru (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al Jayadi Dagangan Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-Thesis Fatim Matul Jahro 302200108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jahro, Fatim Matul. 2024. Metode Komunikasi Islam Pengasuh Pondok Dalam Melatih Adaptasi Santri Baru (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al Jayadi Dagangan Madiun). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Mayrina Eka Prasetyo Budi, S.Psi, M.Psi.
Kata Kunci : Komunikasi Islam, Adaptasi, Santri Baru
Komunikasi Islam sebagai upaya menyampaikan suatu informasi, ide, gagasan, sikap atau akhlak yang benar serta akurat menurut pandangan Islam. Pondok pesantren pada umumnya memiliki tujuan yang sama yakni membina, mendidik, melatih adaptasi dan mencetak generasi Islam yang memiliki pribadi yang baik dalam menjalankan perintah Allah. Di Pondok Al Jayadi santri dididik tentang agama serta moral agama. Pendirian pondok ini tidak hanya untuk mendidik moral, namun juga melatih kemandirian santri. Karena adanya peraturan yang ketat di pesantren, maka dibutuhkan penerimaan serta bimbingan agar santri tetap bisa mengikuti kegiatan di pondok.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan implementasi metode komunikasi Islam pengasuh Pondok Pesantren Al Jayadi dalam melatih adaptasi santri baru. Untuk mendeskripsikan urgensi penggunaan metode komunikasi Islam pengasuh Pondok Pesantren Al Jayadi dalam melatih adaptasi santri baru. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat metode komunikasi Islam yang dilakukan pengasuh Pondok Pesantren Al Jayadi dalam melatih adaptasi santri baru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Dari hasil penelitian menemukan bahwa: pertama, Implementasi metode komunikasi Islam pengasuh pondok al jayadi dalam melatih adaptasi santri baru yakni qaulan sadida, qaulan baligha, qaulan karima, dan qaulan ma`rufa. Kedua, urgensi penggunaan metode komunikasi Islam yakni untuk memberikan dukungan kepada santri baru, untuk memotivasi santri agar mampu menyesuaikan diri dan bisa membanggakan kedua orang tua dengan segala prestasinya, selanjutnya untuk membuat santri terbuka dan bercerita tentang permasalahan yang dialami. Ketiga, faktor pendukung metode komunikasi Islam yakni sarana yang memadai, suasana yang tenang ketika tidak ada acara pondok, keaktifan santri baru ketika mampu berkonsentrasi. Selanjutnya yang menjadi faktor penghambat metode komunikasi Islam pengasuh yaitu ketika pondok sedang ada acara dan suasananya menjadi ramai dan ketika santri baru tidak bisa fokus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Apr 2024 05:48
Last Modified: 29 Apr 2024 05:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27377

Actions (login required)

View Item View Item