..SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR BERTTD, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...STRATEGI PIMPINAN ANAK CABANG IPNU-IPPNU BABADAN DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DESA BABADAN PONOROGO

Syaifuddin, Muhammad Mukhtar (2023) ..SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR BERTTD, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...STRATEGI PIMPINAN ANAK CABANG IPNU-IPPNU BABADAN DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DESA BABADAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 210317153 M. MUKHTAR SYAIFUDDIN.docx

Download (1MB)

Abstract

Kebanyakan remaja di wilayah Babadan masih kurang kesadarannya untuk mengembangkan diri seperti berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan organisasi. Masih belum banyak yang menyadari pentingnya pengembangan sumber daya remaja di era modern, masih banyak remaja yang kurang tergerak untuk terlibat dalam organisasi, minimnya kepekaan sosial diantara para remaja dan kurangnya kemampuan dalam berinteraksi dengan baik. Berinteraksi dalam hal ini seperti berkomunikasi kepada orang yang lebih tua, berbicara di depan publik, dan lainnya.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan strategi Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Babadan dalam pengembangan sumber daya remaja desa Babadan Ponorogo, (2) untuk menjelaskan implikasi Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Babadan dalam pengembangan sumber daya remaja desa Babadan Ponorogo, dan (3) untuk menjelaskan faktor pendukung dan Hambatan Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Babadan dalam pengembangan sumber daya remaja desa Babadan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi pengembangan sumber daya remaja yang dilakukan PAC IPNU-IPPNU Babadan meliputi pembinaan (coaching) melalui pendidikan dan pelatihan, bimbingan (counseling) berupa kegiatan TURBA (turun ke bawah) dan lungguh bareng, pengarahan (mentoring) dengan kegiatan baik pendidikan, pengkaderan dan pelatihan, motivasi (motivating) melalui pendidikan atau pelatihan, pemberdayaan (emporewing) remaja melalui sebuah kepanitian kegiatan yang sudah dibentuk oleh depatermen maupun lembaga. (2) Implikasi pengembangan sumber daya remaja yang dilakukan PAC IPNU-IPPNU Babadan meliputi pengetahuan (knowledge) berupa bertambahnya pengetahuan dalam berorganisasi baik teori atau teoritis, kemampuan (ability) berupa bertambahnya kemampuan dalam berbicara di depan umum atau berkomunikasi terhadap orang lain dan kemampuan dalam memecahkan masalah dengan baik dan bijak, keterampilan (skill) berupa terciptanya keterampilan remaja yang inovatif dan kreatif dalam membuat kegiatan yang baik, aspek mental berupa terbentuknya mental, prilaku dan moral yang baik. (3) Faktor pendukung pengembangan sumber daya remaja yang dilakukan PAC IPNU-IPPNU Babadan meliputi faktor internal yaitu adanya visi, misi dan tujuan yang jelas, adanya teknologi berupa alat komunikasi, pelatih atau instruktur yang memadai, adanya PDART/PPOA yang jelas, dan factor eksternal yaitu sosio budaya masyarakat yaitu adanya dukungan dari masyarakat dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi faktor internal yaitu peserta pengembangan yang tidak sama atau heterogen, kurangnya dana pengembangan, sifat dan jenis kegiatan yang monoton. Dan juga faktor eksternal meliputi kebijakan pemerintah karena adanya wabah covid 19, dan adanya perkembangan IPTEK yang mengakibatkan remaja dan anggota malas dalam mengikuti pengembangan sumber daya remaja yang dilakukan oleh PAC IPNU-IPPNU Babadan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Apr 2024 00:46
Last Modified: 29 Apr 2024 00:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27376

Actions (login required)

View Item View Item