PENGGUNAAN MAKE UP UNTUK MENAMBAH PERCAYA DIRI PADA MAHASISWA YANG MENGALAMI INSECURE DI BPI IAIN PONOROGO

Ayu Berliana, Luthfi Sekar (2024) PENGGUNAAN MAKE UP UNTUK MENAMBAH PERCAYA DIRI PADA MAHASISWA YANG MENGALAMI INSECURE DI BPI IAIN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI PUBLISH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fenomena good looking dimana penampilan dan kecantikan fisik lebih penting daripada kemampuan kepintaran. Jika penampilan dan kecantikan fisik tidak rapi dan tidak cantik maka tidak akan dipedulikan oleh orang lain sampai individu tersebut merubah penampilan sesuai tuntutan sosial pertemanan. Maka dari itu dalam mencapai tujuan yang diinginkan yaitu untuk meningkatkan percaya diri dan mengurangi insecure dapat diatasi dengan cara menggunakan make up.

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mendeskripsikan kondisi interaksi sosial mahasiswa BPI IAIN Ponorogo yang sebelum dan sesudah menggunakan make up, untuk mendeskripsikan kondisi insecure yang dialami pada mahasiswa BPI IAIN Ponorogo sebelum dan sesudah menggunakan make up dan untuk mendeskripsikan peran make up dalam menambah percaya diri pada mahasiswa BPI IAIN Ponorogo yang mengalami insecure.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa kepercayaan diri mahasiswa tidak hanya dipengaruhi oleh penampilan fisik, tetapi juga oleh kemampuan menggunakan make up, pengetahuan make up yang sesuai dengan kondisi wajah, dan keterlibatan dalam aktivitas. Tahap pembentukan kepercayaan diri membantu mereka dalam menghadapi tantangan dan membuat keputusan. Penggunaan make up yang sesuai juga membuat kepercayaan diri menjadi meningkat dan suasana hati menjadi lebih ceria. Ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri dapat ditingkatkan melalui penampilan fisik dan keterampilan serta pengetahan make up.

Kata Kunci : Interaksi Sosial, Insecure, Percaya Diri, Make Up

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fadhilah Rahmawati
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Apr 2024 02:19
Last Modified: 26 Apr 2024 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27363

Actions (login required)

View Item View Item