..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Program Layanan Kelompok Belajar Cepat (KBC) dalam Mengembangkan Citra Lembaga Pendidikan di MAN 2 Ponorogo

Dea Arneta, Dea (2024) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Program Layanan Kelompok Belajar Cepat (KBC) dalam Mengembangkan Citra Lembaga Pendidikan di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Bagi 206200074_DEA ARNETA_UPLOAD SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Program layananan KBC merupakan sebuah inovasi dari sebuah lembaga pendidikan yang diperuntukkan bagi peserta didik dengan model atau gaya belajar cepat. Dalam penyusunan program layanan KBC madrasah berupaya untuk dapat meluluskan anak pada program ini dalam rentan waktu 2 tahun yakni lebih cepat dari kelas reguler. Proses implementasi program layanan KBC di madrasah membutuhkan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang sistematis dan memiliki proses evalusi yang baik sehingga mampu menentukan arah kebijakan program layanan KBC di masa mendatang. Selain itu, Kerjasama dari stakeholder madrasah sangat dibutuhkan agar tujuan mengembangkan citra lembaga pendidikan dapat tercapai.
Penelitian ini bertujuan menjelaskan (1) Perencanaan program layanan KBC dalam mengembangkan citra lembaga pendidikan di MAN 2 Ponorogo; (2) Pelaksanaan program layanan KBC dalam mengembangkan citra lembaga pendidikan di MAN 2 Ponorogo; dan (3) Evaluasi program layanan KBC dalam mengembangkan citra lembaga pendidikan di MAN 2 Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus dengan memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini meliputi Ketua Program Layanan KBC, perwakilan guru program layanan KBC, dan siswa program layanan KBC di MAN 2 Ponorogo.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Perencanaan program layanan KBC dalam mengembangkan citra lembaga pendidikan di MAN 2 Ponorogo diawali dengan kegiatan penyusunan program layanan KBC yang disesuaikan dengan visi, misi, RKM, RENSTRA maupun RAPBM. Penyusunan program layanan KBC melibatkan seluruh stakeholder yang ada. (2) Pelaksanaan program layanan KBC dalam mengembangkan citra lembaga pendidikan di MAN 2 Ponorogo dilakukan dengan melibatkan seluruh pihak yang terkait dalam program layanan KBC. Pelaksanaan program layanan KBC dilakukan melalui sistem sks dengan 4 semester saja. Peserta didik harus mampu menyelesaikan pendidikan dalam kurun waktu 2 tahun, dimana artinya peserta didik pada program layanan KBC harus mampu memahami materi dengan metode belajar cepat. (3) Evaluasi program layanan KBC dalam mengembangkan citra lemaga pendidikan di MAN 2 Ponorogo didasarkan pada penilaian kepada peserta didik, dimana hal ini dilakukan guna mengetahui seberapa jauh pemahaman dan kemampuan peserta didik dalam mengikuti program layanan KBC. Rapat evaluasi juga dilakukan setiap 1 bulan sekali oleh kepala madrasah, waka madrasah, guru, komite, dan tim program layanan KBC untuk mengetahui progres dari program yang telah dilakukan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Apr 2024 08:42
Last Modified: 25 Apr 2024 08:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27358

Actions (login required)

View Item View Item