Manajemen Redaksional Akun Instagram @infoponorogo Seabagai Media Citizen Journalism

Octavia, Layla Wantriani (2024) Manajemen Redaksional Akun Instagram @infoponorogo Seabagai Media Citizen Journalism. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_LAYLA WANTRIANI OCTAVIA_ IAIN PONOROGO.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media memiliki peran penting dalam membangun dan mendukung kebutuhan informasi dan komunikasi khalyak. Media sosial Instagram merupakan salah satu media sharing, di mana pengguna dapat dengan bebas berinteraksi seperti berbagi informasi berupa foto, video yang dibantu dengan keterangan informasi (caption). Berkembangnya media sosial ini dapat menjadi wadah jurnalis warga dalam memberikan informasi. Citizen journalism memanfaatkan media untuk penyebaran informasi secara cepat. Salah satunya media sosial Instagram akun @infoponorogo yang saat ini menjadi wadah informasi masyarakat sekitar Ponorogo. Oleh karena itu, dalam menggunakan media sosial Instagram sebagai media informasi yang dimanfaatkan oleh citizen journalism harus memperhatikan manajamen redaksional dalam pengelolaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen redaksional yang diterapkan oleh akun Instagram @infoponorogo sebagai media citizen journalism. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu model analisis data interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tahap planning @infoponorogo adalah merencanakan manajemen redaksional berdasarkan dengan hasil riset isu, termasuk tren berita terkini, mempertimbangkan sasaran, dan menyusun jadwal posting. (2) Tahap organizing @infoponorogo pada manajemen redaksional telah disesuaikan dengan skill yang dimiliki oleh para staf pengelola seperti melibatkan staf editor, marketing, reporter, dan dapartemen lainnya. (3) Tahap actuating @infoponorogo terdapat berita kiriman citizen journalism yang akan dikelola melalui penyutingan dengan mempertimbangkan validitas berita, tim pengelola juga melakukan kegiatan reportase, penulisan, dan penyutingan. (4) Tahap controlling @infoponorogo dilakukan, dengan melibatkan pengukuran jangkauan konten, evaluasi kendala-kendala dilapangan, dan mempertimbangkan konten untuk diunggah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faiq Ainurrofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:31
Last Modified: 25 Apr 2024 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27356

Actions (login required)

View Item View Item