..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..PESAN DAKWAH DALAM NOVEL "THE GOLDEN STORIES OF KHADIJAH & FATIMAH"

Anjani, Anisa Aulia (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..PESAN DAKWAH DALAM NOVEL "THE GOLDEN STORIES OF KHADIJAH & FATIMAH". Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_PESAN DAKWAH DALAM NOVEL THE GOLDEN STORIES OF KHADIJAH & FATIMAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anisa Aulia Anjani. 2024. (Pesan Dakwah Dalam Novel “The Golden Stories Of Khadijah & Fatimah”) Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muchlis Daroini, M.Kom.I.

Kata Kunci : Dakwah, Novel “The Golden Stories Of Khadijah & Fatimah”.

Novel merupakan salah satu bentuk komunikasi tertulis yang pada kenyataannya dapat dijadikan sebagai sebuah media dakwah. Hal tersebut didaasari oleh pengertian dakwah yang pada intinya adalah menyeru atau mengajak kepada suatu kebaikan dengan berbagai macam metode dan media, tentunya novel juga merupakan salah satu metode dakwah bil kitabah dengan media cetak berbentuk novel. Salah satunya ialah Novel “The Golden Stories Of Khadijah & Fatimah” yang mengkisahkan tentang dua Perempuan hebat dalam perjuangan islam pada masa Rasulullah dan Khalifah.
Untuk mengetahui pesan dakwah yang terdapat dalam Novel “The Golden Stories Of Khadijah & Fatimah”, peneliti merumuskan dua rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana deskripsi tentang novel “The Golden Stories Of Khadijah & Fatimah”? Apa saja pesan dakwah yang ada dalam novel “The Golden Stories Of Khadijah & Fatimah”?
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (libarary research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) yang digunakan untuk mengkaji pesan-pesan dakwah. Metode analisis isi digunakan untuk menelaah isi dari suatu dokumen, dalam penelitian ini dokumen yang dimaksud adalah novel “The Golden Stories Of Khadijah & Fatimah”.
Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan Novel “The Golden Stories Of Khadijah & Fatimah” merupakan novel non fiksi dengan genre romantis dan inspiratif. Dalam novel ini terdapat secara lengkap unsur-unsur yang ada pada novel, yakni; unsur instrinsik dan ekstrinsik.
Sebagaimana penelitian yang telah dilaksanakan bahwasannya terdapat pesan akidah yang meliputi enam rukun iman. Terdapat pesan syari’at yang meliputi ibadah dan muamalah, seperti; sholat, doa, jihad, berniaga, nikah, dan waris dan teakhir terdapat pesan akhlak yang meliputi akhlah mahmudah dan akhlak mazmumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:51
Last Modified: 24 Apr 2024 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27340

Actions (login required)

View Item View Item