Strategi Regulasi Emosi Ibu Bekerja Untuk Mencapai Work Life Balance (Studi Deskriptif Pada Ibu Bekerja Dengan Pekerjaan Yang Berbeda Di Lingkungan Masyarakat Desa Keniten, Ponorogo)

Putri, Desana Intan Melani (2024) Strategi Regulasi Emosi Ibu Bekerja Untuk Mencapai Work Life Balance (Studi Deskriptif Pada Ibu Bekerja Dengan Pekerjaan Yang Berbeda Di Lingkungan Masyarakat Desa Keniten, Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-Theses Desana Intan Melani Putri 303200009 BPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Melani Putri, D. I. 2020. Strategi Regulasi Emosi Ibu Bekerja untuk Mencapai Work Life Balance Ditinjau dari Karakter Pekerjaan yang Dijalankan di Kabupaten ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Fadhilah Rahmawati, S.S., M.Si
Kata Kunci : Regulasi Emosi, Work Life Balance
Di zaman sekarang banyak sekali perempuan bahkan ibu yang memilih terjun dalam peran publik dengan bekerja, dan dilakukan tanpa paksaan dari pihak manapun. Diantara motivasi yang menyebabkan terjunnya ibu dengan bekerja dipengaruhi dengan tingkat pendidikan yang tinggi, keinginan mempunyai pertemanan dan lingkungan baru. Dalam menjalankan peran sebagai ibu dan pekerja tentu akan menyebabkan lelah baik secara fisik maupun emosional. Maka dari itu ibu bekerja perlu memiliki strategi regulasi emosi agar dapat menempatkan emosinya dengan baik, serta untuk mencapai keseimbangan kehidupan keluarga dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengetahui bagaimana strategi regulasi emosi yang dilakukan ibu bekerja untuk mencapai work life balance dan mengetahui bagaimana work life balance yang dimiliki oleh ibu bekerja dengan pekerjaan yang berbeda pada masyarakat Desa Keniten, Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ibu bekerja yang dimana mereka menjalankan dua peran sekaligus mampu untuk melakukan strategi regulasi emosi dengan baik dengan dilihat dari strategi regulasi emosi Situation Selection (Pemilihan Situasi), Situation Modification (Modifikasi Situasi), Attentional Deployment (Penyebaran Perhatian), Cognitive Change (Perubahan Kognitif), dan Response Modulation (Modulasi Respon).
Work life balance yang dicapai ibu bekerja berdasar strategi regulasi emosi yang dilakukan cukup baik berdasarkan indikator tercapainya work life balance yaitu Time Balance (Keseimbangan Waktu), Involvement Balance (Keseimbangan Keterlibatan), dan Satisfaction Balance (Keseimbangan Kepuasan). Kedua hal tersebut dapat dipenuhi dan dicapai berdasarkan kemampuan yang dimiliki oleh ibu bekerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fadhilah Rahmawati
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Apr 2024 05:08
Last Modified: 23 Apr 2024 05:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27335

Actions (login required)

View Item View Item