...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN), UPLOAD ULANG...STRATEGI COPING STRESS SANTRIWATI PENGHAFAL AL-QUR'AN (BIL-GHOIB) DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN AL-HASAN, PATIHAN WETAN, BABADAN, PONOROGO

A'yun, Dini Qurrota (2024) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN), UPLOAD ULANG...STRATEGI COPING STRESS SANTRIWATI PENGHAFAL AL-QUR'AN (BIL-GHOIB) DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN AL-HASAN, PATIHAN WETAN, BABADAN, PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Ethesis Dini.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Strategi, Coping Stress, Santriwati Bil-ghoib

Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur’an Al-Hasan adalah pondok yang mendalami ilmu membaca dan menghafal Al-Qur’an. Di dalamnya terdapat banyak santriwati bil-ghoib yang juga mengalami stress yang menjadikan proses menghafal Al-Qur’an yang sedang dijalani menjadi tersendat. Tuntutan hafalan yang harus tercapai, serta kegiatan pondok yang terus berjalan, mengharuskan santri memiliki kemampuan dalam menyusun strategi dalam menangani stres yang sedang dihadapi atau dalam ilmu psikologi disebut dengan strategi coping stress agar tidak mengalami stres yang berkepanjangan serta mereka dapat melanjutkan hafalan dan mengikuti kegiatan di pondok dengan semestinya.
Berdasarkan paparan data diatas tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gejala-gejala stress pada santriwati bil-ghoib, pemicu stress/stressor santriwati bil-ghoib, strategi coping stres yang digunakan santriwati dalam menghadapi stres, serta hasil dari strategi coping yang digunakan oleh Santriwati Bil-ghoib.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan desktriptif naratif. Lokasi penelitian berada di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa gejala-gejala stres santriwati terdiri dari gejala fisik/fisiologis, gejala mental/gejala psikologis, gejala emosional, dan juga gejala perilaku. Pemicu stres santriwati bil-ghoib bersumber dari dalam diri sendiri/faktor internal, organisasi, dan juga dan sebagian berasal dari lingkungan masyarakat/eksternal. Strategi coping yang digunakan adalah strategi yang berfokus pada emosi dan masalah. Dan hasil dari coping yang dilakukan santriwati memberikan hasil yang baik sehingga memberikan dampak yang positif terhadap santriwati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: KAYYIS FITHRI AJHURI
Location: PONOROGO
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Apr 2024 01:11
Last Modified: 23 Apr 2024 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27333

Actions (login required)

View Item View Item