Tinjauan Psikologi Keluarga Terhadap Keutuhan Rumah Tangga Pada Pasangan di Bawah Umur (Studi di Desa Sempu Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo)

Nurohmanzah, Deni (2024) Tinjauan Psikologi Keluarga Terhadap Keutuhan Rumah Tangga Pada Pasangan di Bawah Umur (Studi di Desa Sempu Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI BAB I-V UPLOAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurohmanzah, Deni 2023. Tinjauan Psikologi Keluarga Terhadap Keutuhan Rumah Tangga Pada Pasangan di Bawah Umur (Studi di Desa Sempu Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponoroggo). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Niswatul Hidayati, M.H.I
Kata Kunci/Keywords: psikologi keluarga, keutuhan rumah tangga, pernikahan di bawah umur.
Pernikahan adalah ikatan suci antara laki-laki dan perempuan sebagai suami istri dengan tujuan untuk membentuk keluarga yang sakinah. Sehingga pernikahan menuju keluarga sakinah tidak hanya membutuhkan persiapan fisik dan psikis tetapi juga diperlukan kesiapan sosial, ekonomi, emosi dan tanggung jawab. Dengan demikian pembatasan usia pernikahan merupakan salah satu asas penting karena Undang-Undang Perkawinan sudah mengatur dan jelas di sebutkan mengenai pembatasan usia pernikahan bahwa setiap calon suami dan calon isteri harus benar-benar matang secara fisik dan psikis. Namun demikian di Desa Sempu Kecamatan Ngebel masih banyak fenomena pernikahan di bawah umur yang berdampak pada ketidak utuhan rumah tangga.
Berdasarkan uraian diatas penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana Tinjauan Psikologi Keluarga terhadap faktor penyebab ketidak utuhan rumah tangga pada pasangan di bawah umur di Desa Sempu Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan psikologi keluarga terhadap upaya menjaga keutuhan rumah tangga pada pasangan di bawah umur di Desa sempu kecamatan ngebel kabupaten ponorogo?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara secara mendalam, dan dokumentasi serta menggunakan teknik penulisan berupa deskriptif- analitis, yang artinya penulis mendeskripsikan masalah kemudian dianalisis menggunakan teori-teori yang telah dijabarkan pada bab yang telah ditentukan.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: Pertama, faktor-faktor menyebabkan tidak utuhnya rumah tangga karena keempat pasangan belum menerapkan fungsi keluarga dengan baik seperti halnya fungsi edukatif, fungsi sosial, fungsi afeksi dan fungsi ekonomi, sehingga dalam berjalanya rumah tangga menjadi faktor tidak utuhnya keluarga dii sebabkan fungsi keluarga yang belum maksimal. Kedua, upaya yang di gunakan oleh kedua pasangan di bawah umur untuk menjaga keutuhan rumah tangga mereka, sudah sesuai dengan psikologi keluarga dengan cara menyelesaikan konflik dengan cara pengacuhan dan meminta saran juga nasihat dari orang tua sebagai pihak penengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Niswatul Hidayati
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Apr 2024 01:13
Last Modified: 23 Apr 2024 01:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27331

Actions (login required)

View Item View Item