..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Komunikasi Intercultural Pada Komunikasi Santri Luar Pulau Jawa di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Putri Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo.

Jannah, Elvita Roihatul (2024) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Komunikasi Intercultural Pada Komunikasi Santri Luar Pulau Jawa di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Putri Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
etheses elvita publikasi fiks-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jannah, Elvita Roihatul. 2024. Komunikasi Intercultural Pada Santri Luar Pulau Jawa Di Pondok Pesantren Tachfidzul Qur’an Al-Hasan Putri Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddi, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Nurdin, M.Ag.
Kata kunci : Komunikasi, Intercultural, Santri

Komunikasi intercultural melibatkan hubungan atau interaksi antara individu atau kelompok budaya yang berbeda. Namun, komunikasi semacam ini seringkali sulit mencapai kesepakatan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam, termasuk suku Jawa, sunda, batak, dayak, dan banyak lagi. Di Pondok Pesantren Tachfidzul Qur'an Al-Hasan Ponorogo, santri dididik tentang agama dan moral dalam lingkungan masyarakat. Pendirian pondok pesantren ini bertujuan untuk menyebarkan pengetahuan agama dan moral kepada santri. Karena adanya keberagaman budaya yang dimiliki oleh masing-masing santri, maka dibutuhkan penerimaan dan pemahaman agar tetap bisa berhubungan dengan baik.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui fenomena komunikasi intercultural santri luar pulau Jawa di Pondok Pesantren Tachfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan pada fungsi komunikasi intercultural santri luar pulau Jawa di Pondok Pesantren Tachfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Tachfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketentuan pengamatan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian menemukan : (1) Adanya fenomena komunikasi intercultural pada santri luar pulau Jawa di Pondok Pesantren Tachfidzul Qur'an Al-Hasan Ponorogo. Hal ini menjadi jembatan penting dalam memahami dan menghargai perbedaan budaya. Santri tersebut juga dapat membangun fondasi penting bagi toleransi dan persaudaraan dengan santri lainnya. (2) Fungsi komunikasi intercultural ini memberikan dampak signifikan pada perkembangan pribadi santri luar pulau Jawa, seperti meningkatnya ungkapan identitas sosial, integritas sosial, dan pengetahuan. Selain itu, hal ini juga mempengaruhi hubungan sosial dan memberikan hiburan yang bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:52
Last Modified: 22 Apr 2024 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27314

Actions (login required)

View Item View Item