konsep sabar dalam buku man shabara zhafira succes in life with persistence karya ahmad rifa'i rif'an dan relevansinya dengan pembentukan sikap sabar di kalangan generasi z

Permana, Fitria Angga Riza (2024) konsep sabar dalam buku man shabara zhafira succes in life with persistence karya ahmad rifa'i rif'an dan relevansinya dengan pembentukan sikap sabar di kalangan generasi z. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI FITRIA ANGGA RIZA PERMANA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Generasi Z yang tumbuh dan berkembang pada era teknologi sekarang banyak yang tidak memahami makna sabar dalam berproses menuju tingkat kesuksesan. Berkaitan dengan problem generasi Z tersebut terdapat sebuah buku Man Shabara Zhafira Succes in Life with Persistence yang dikarang oleh Ahmad Rifa’i Rif’an. Buku tersebut mengajarkan cara menyikapi sebuah kegagalan dan bersabar dalam meraih kesuksesan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Konsep Sabar dalam Buku Man Shabara Zhafira Succes in Life with Persistence karya Ahmad Rifa’i Rif’an; (2) relevansi buku Man Shabara Zhafira Succes in Life with Persistence dengan pembentukan sikap sabar di kalangan generasi Z.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yakni buku Man Shabara Zhafira Succes in Life with Persistence karya Ahmad Rifa’i Rif’an. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan cara mengedit, mengorganisasikan, dan menemukan hasil, yang selanjutnya dianalisis dengan cara menganalisis isi (content analysis).
Penelitian ini menghasilkan (1) Konsep sabar dalam buku Man Shabara Zhafira Success in Life with Persistence karya Ahmad Rifa’i Rif’an terdapat dua konsep, yaitu sabar dalam menyikapi sebuah kegagalan dan sabar dalam meraih kesuksesan. Karena dalam meraih sebuah kesuksesan itu pasti ada yang namanya gagal terlebih dahulu baru menemukan sebuah kesuksesan maka harus menyikapi kegagalan tersebut dengan ikhlas, tetap semangat, dan tidak menyerah. Menikmati sebuah proses kesuksesan dengan sabar karena dalam kesuksesan jika sabar maka juga akan membuahkan hasil. Rumus hidup manusia dalam menyikapi kegagalan dan meraih kesuksesan yaitu Man Shabara Zhafira, siapa yang bersabar maka dia akan beruntung (2) Relevansi buku Man Shabara Zhafira Succes in Life with Persistence dengan pembentukan sikap sabar di kalangan generasi Z, yaitu terletak pada lima poin, yaitu rencana terprogram dalam menanamkan sikap sabar yang dimulai sejak usia dini, memotivasi diri dengan belajar dari tokoh yang dapat dijadikan sebagai panutan, berdoa atau berserah diri kepada Allah SWT karena sukses ataupun tidaknya seseorang berdasarkan kehendak Allah, jadilah orang yang proaktif bukan reaktif dengan menyikapi kritikan orang lain dengan tersenyum dan cukup dibuktikan dengan tindakan, dan bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan bahwa dalam setiap permasalahan yang dihadapi akan ada hikmahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:35
Last Modified: 19 Apr 2024 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27306

Actions (login required)

View Item View Item