(kesediaan publikasi belum ada, silakan upload ulang..judul di tulis huruf kecil semua pd etheses)..PENANAMAN KARAKTER KERJA KERAS DAN RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TEATER DI SMAN 2 PONOROGO

Antiko, Khoirul Febri (2023) (kesediaan publikasi belum ada, silakan upload ulang..judul di tulis huruf kecil semua pd etheses)..PENANAMAN KARAKTER KERJA KERAS DAN RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TEATER DI SMAN 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Khoirul Febri Antiko 210317035.pdf

Download (732kB)

Abstract

ABSTRAK
Antiko, Khoirul Febri. 2023. Penanaman Karakter Kerja Keras dan Religius melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Teater di SMAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.
Kata Kunci: Penanaman Karakter, Karakter Kerja Keras, Ekstrakurikuler Teater
Manusia adalah makhluk yang segala apa yang dilakukannya dipengaruhi oleh dua aspek. Aspek yang pertama adalah nilai kebenaran yang berasal pada diri. Aspek yang kedua dorongan yang berasal dari luar diri. Dorongan tersebut akan memengaruhi kesadaran individu, sebab individu memiliki kecenderungan menganggap perilaku yang dibimbing oleh nilai-nilai utama merupakan manifestasi dari sebuah karakter. Pendidikan karakter tidak meyakini adanya pemisahan antara roh, jiwa, dan badan. Pendidikan karakter mengutamakan munculnya kesadaran pribadi peserta didik untuk secara ikhlas mengutamakan karakter positif. Artinya pendidikan karakter ini mendorong seseorang untuk selalu berperilaku baik. Proses penanaman karakter ini tidak hanya cukup diajarkan melalui mata pelajaran di dalam kelas saja. Melainkan pendidikan karakter harus diterapkan melalui serangkaian kegiatan pembiasaan, baik secara spontan maupun dengan keteladanan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah penanaman karakter pada siswa yang diwujudkan melalui kegiatan esktrakurikuler. SMAN 2 Ponorogo merupakan sekolah yang memiliki ekstrakurikuler atau ekskul teater dengan jumlah anggota yang cukup banyak. Melalui serangkaian kegiatan latihan rutin, ekskul teater berupaya turut menanamkan karakter kerja keras pada diri siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana upaya kegiatan ekskul teater dalam menanamkan karakter kerja keras dan religious di SMAN 2 Ponorogo, (2) mengetahui apa saja faktor pendukung yang dihadapi kegiatan ektrakurikuler teater dalam menanamkan karakter kerja keras di SMAN 2 Ponorogo. (3) faktor penghambat yang dihadapi kegiatan ektrakurikuler teater dalam menanamkan karakter kerja keras di SMAN 2 Ponorogo, (4) mengetahui hasil upaya penanaman karakter kerja keras melalui kegiatan ektrakurikuler teater di SMAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Ponorogo pada bulan April sampai bulan Agustus 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu suatu metode yang bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan secara rinci suatu kegiatan atau keadaan tertentu yang bersifat alamiah. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah didapatkan akan di analisis melalui tiga tahap antara lain melalui proses; (1) kondensasi data; (2) penyajian data (data display); dan (3) penarikan simpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan: (1) Proses penanaman karakter kerja keras melalui latihan rutin yang dilakukan siswa dan pelatih, karakter tokoh yang diperankan, teladan yang diberikan pelatih, dan nasihat yang diberikan oleh pelatih. (2) Terdapat faktor pendukung yang mendukung penerapan penanaman karakter kerja keras dan religius antara lain; rasa ingin tau siswa yang tinggi, dukungan dari lingkungan sekolahan maupun latihan, pelatih yang kompeten di bidang teater. (3)Terdapat beberapa faktor penghambat penanaman karakter kerja keras dan religius terhadap siswa dalam ekstrakurikuler teater. Faktor penghambat dalam penerapan karakter kerja keras antara lain; banyak siswa yang tidak serius pada saat latihan, serta banyak yang berbicara sendiri dan tidak memerhatikan. Sedangkan antisipasi yang dilakukan adalah dengan cara membuat sebuah kesepakatan bersama antara siswa dengan pelatih. (4) Penanaman karakter kerja keras didalam ekstrakurikuler teater berdampak dalam etos kerja siswa dalam kehidupan nyata. Selain dari itu, dengan adanya penanaman karakter kerja keras terhadap siswa juga berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang ada di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:32
Last Modified: 19 Apr 2024 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27305

Actions (login required)

View Item View Item