...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PESAN DAKWAH DALAM FILM ANIMASI RARRA PADA EPISODE NEW SERIES “RARRA”: MAAF PART 1 DAN PART 2 DI YOUTUBE NUSSA OFFICIAL (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Permata, Kandita Intan (2024) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PESAN DAKWAH DALAM FILM ANIMASI RARRA PADA EPISODE NEW SERIES “RARRA”: MAAF PART 1 DAN PART 2 DI YOUTUBE NUSSA OFFICIAL (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI KANDITA INTAN PERMATA .pdf

Download (1MB)

Abstract

Permata, Kandita Intan. 2024. Pesan Dakwah dalam Film Animasi Rarra Pada Episode News Series “Rarra”: Maaf Part 1 dan Part 2 di YouTube Nussa Official (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muchlis Daroini, M.Kom.I.

Kata Kunci : Pesan Dakwah, YouTube, Roland Barthes

Melalui YouTube, dakwah memainkan perannya dalam menyebarkan informasi tentang Islam ke seluruh penjuru dunia tanpa mengenal waktu dan tempat. Nussa Official, salah satu akun YouTube yang update rutin melakukan aktivitas dakwah dengan menggunakan media baru yakni film animasi. Salah satu episode yang terdapat pada akun YouTube Nussa Official adalah episode New Series “Rarra”: Maaf Part 1 dan part 2 yang membahas tentang memaafkan orang yang menyakiti kita dengan perkataan maupun perbuatan.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka ada dua rumusan masalah yang bertujuan untuk memfokuskan penelitian. Adapun pertama, yaitu bagaimana makna denotasi, dan makna konotasi analisis Roland Barthes terhadap film animasi Rarra pada episode New Series “Rarra”: Maaf part 1 dan part 2. Dan pertanyaan kedua yaitu, apa saja pesan dakwah yang terkandung di dalam film animasi Rarra pada episode New Series “Rarra”: Maaf part 1 dan part 2.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pesan dakwah yang terdapat pada akun YouTube Nussa Official episode New Series “Rarra”: Maaf part 1 dan part 2. Yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk mengungkap tanda dan makna pesan dakwah pada film animasi Rarra pada episode New Series “Rarra”: Maaf part 1 dan part 2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah analisis semiotika Roland Barthes. Teori Barthes membagi tanda berdasarkan penanda dan petanda kemudian menghasilkan denotasi, konotasi.

Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan. Pertama, makna denotasi dan konotasi dalam film animasi Rarra episode New Series “Rarra”: Maaf part 1 dan part 2. Dan kedua, bentuk pesan dakwah yang terdapat pada film animasi Rarra episode New Series “Rarra”: Maaf part 1 dan part 2 yaitu pesan dakwah dalam bentuk hadis Nabi Muhammad saw yang membahas tentang ajaran mulia beliau ketika diri kita dipermalukan dan dihina maka kita tidak perlu membalasnya, bentuk pesan dakwah dalam bentuk ayat-ayat Al-Qur’an, bentuk kisah-kisah yang berisi tentang mengajarkan kita untuk senantiasa sabar dan pemaaf serta membalas perlakuan orang tersebut dengan kebaikan, dan berita sebagai bentuk pesan dakwah yang membahas tentang informasi yang harus dilakukan oleh orang-orang yang maafnya agar segera di terima. Juga terdapat materi pesan dakwah yaitu, pesan akhlak yang berisi tentang adab yang baik kepada sesama manusia, dan pesan syariah yang berisi saling memaafkan kesalahan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Apr 2024 03:46
Last Modified: 17 Apr 2024 03:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27304

Actions (login required)

View Item View Item