Penggunaan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), (Study Komunitas RAPI di Desa Baosan Lor, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo)

Sari, Intan Dwi Parindri Novita (2024) Penggunaan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), (Study Komunitas RAPI di Desa Baosan Lor, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
UPLOAD E THESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dwi Parindri Novita Sari, Intan, 2024. Penggunaan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), (Study Komunitas RAPI di Desa Baosan Lor, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo). Skripsi, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Dr. H. Ahmad Munir, M.Ag.
Kata Kunci : Radio Antar Penduduk Indonesia, Komunitas RAPI
Di era kecanggihan teknologi penggunaan radio sudah semakin menurun dan kurang diminati oleh masyarakat. Namun, di Desa Baosan Lor, Kecamatan Ngrayun terdapat salah satu jenis radio yang masih eksis digunakan, dan diandalkan oleh masyarakat radio tersebut adalah Radio Antar Penduduk Indonesia atau biasa di sebut dengan radio RAPI. Fokus penelitian ini adalah terkait penggunaan Radio Antar Penduduk Indonesia oleh komunitas RAPI yang ada di Desa Baosan Lor, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui motif penggunaan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) oleh anggota Komunitas RAPI, Mendapat nilai strategi penggunaan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) oleh Komunitas RAPI, Mengetahui strategi anggota Komunitas RAPI dalam menjaga eksistensi Radio Antar Penduduk Indonesia di era persaingan teknologi.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dengan harapan melalui pendekatan ini dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang bersangkutan dengan masalah yang peneliti angkat. Peneliti menggunakan beberapa teknik penelitian, yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Nantinya, data akan dianalisis dan diolah dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif penggunaan Radio Antar Penduduk Indonesia oleh Komunitas RAPI yang ada di Desa Baosan Lor, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, antara lain : sebagai media komunikasi Komunitas RAPI, sebagai media informasi Komunitas RAPI, media tanggap bencana yang bekerja sama dengan BPBD Ngrayun. Sedangkan nilai strategi dari penggunaan Radio Antar Penduduk Indonesia menghasilkan beberapa poin antara lain: menghemat waktu juga pengeluaran, jangkauan frekuensi luas. Selain itu, Komunitas RAPI memiliki strategi tersendiri dalam menjaga eksistensi penggunaan radio, diantaranya: konsisten mengagendakan pertemuan selama satu bulan sekali, menyelaraskan harmonisasi dengan mengikuti kegiatan workshop yang diadakan oleh RAPI pusat, peduli terhadap sesama manusia dengan mengikuti kegiatan bakti sosial, mencapai tujuan komunitas dengan menerapkan visi dan misi yang sudah di sepakati dari awal, menggunakan platform WhatsApp untuk menunjang penyebaran informasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Apr 2024 02:25
Last Modified: 09 Apr 2024 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27303

Actions (login required)

View Item View Item