Pengaruh On Delivery Dan Jam Kerja Operasional Terhadap Omzet Penjualan Usaha Kuliner Di Dolopo Madiun

Prasetyo, Adhi Rohman (2024) Pengaruh On Delivery Dan Jam Kerja Operasional Terhadap Omzet Penjualan Usaha Kuliner Di Dolopo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIn Ponorogo.

[img] Text
Uploud Skripsi_401200140_Adhi Rohman Prasetyo_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Prasetyo, Adhi Rohman. Pengaruh On Delivery Dan Jam Kerja Operasional Terhadap Omzet Penjualan Usaha Kuliner Di Dolopo Madiun. Skripsi. 2024. Jurusam Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Shinta Maharani, M.AK.
Kata Kunci: On Delivery, Jam Kerja Operasional, Omzet Penjualan
Tujuan berbisnis dengan membuka usaha adalah untuk memperoleh omzet yang lebih besar dari pada biaya atau ongkos yang telah dikeluarkan untuk mengelola bisnis. Omzet penjualan merupakan seluruh jumlah total pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan suatu produk barang atau jasa dalam kurun waktu tertentu. Ada pemilik usaha kuliner yang hanya sedikit merasakan dampak adanya on delivery dalam meningkatkan omzet penjualan. Dan jam kerja yang banyak belum tentu meningkatkan omzet penjualan. Adanya perbedaan ini menjadikan peneliti untuk melakukan penelitian dengan jumlah responden yang lebih banyak untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis secara persial maupun secara simultan on delivery dan jam kerja operasional terhadap omzet penjualan usaha kuliner di dolopo madiun menggunakan metode kuantitatif Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variabel independen yang digunakan yaitu on delivery dan jam kerja operasional. Sedangkan variabel dependennya yaitu omzet penjualan usaha kuliner. Teknik analisis data yang digunakan uji asumsi klasik, serta uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji R square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). On delivery berpengaruh secara parsial terhadap omzet penjualan usaha kuliner diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. 2). Jam kerja operasional berpengaruh secara parsial terhadap omzet penjualan usaha kuliner diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. 3). Secara simultan on delivery dan jam kerja operasional berpengaruh terhadap omzet penjualan usaha kuliner. Dibuktikan dengan uji f nilai Fhitung > Ftabel (16.158,149 > 3,21) sehingga H04 ditolak dan Ha4 diterima dan nilai koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 99,9% dan sisanya 0,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Apr 2024 08:08
Last Modified: 05 Apr 2024 08:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27302

Actions (login required)

View Item View Item