Gaya Komunikasi Penyiar Dalam Membawakan Program Unggulan Angkringan Mbah Karso Di Radio RASI FM Magetan

Fathurrohman, Alif (2024) Gaya Komunikasi Penyiar Dalam Membawakan Program Unggulan Angkringan Mbah Karso Di Radio RASI FM Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

This is the latest version of this item.

[img] Text
SKRIPSI ALIF FATHURROHMAN 302200079.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK

Fathurrohman, Alif. 2024. Gaya Komunikasi Penyiar Dalam Membawakan Program Unggulan “Angkringan Mbah Karso” Di Radio Rasi Fm Magetan. Skripsi. Jurusan. Komunikasi Penyiaran Islam. Fakultas Ushuludin, Adab, dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Faiq Ainurrofiq, M.A.
Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Penyiar, Program Siaran, Radio RASI
Perkembangan zaman menuntut radio sebagai media massa untuk terus beroperasi dengan kreativitas dan improvisasi di zaman sekarang. Patokan dari kemajuan radio saat ini adalah diminatinya program siaran yang mereka miliki. Tentu program siaran tanpa adanya penyiar tidak akan menjadi program yang diminati pendengar. Penyiar dituntut untuk terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas mereka dengan cara memunculkan karakter atau gaya komunikasi yang sesuai dengan program siaran mereka. Berdasarkan uraian di atas peneliti akan membahas tentang Gaya Komunikasi Penyiar Dalam Membawakan Program Unggulan “Angkringan Mbah Karso” Di Radio Rasi Fm Magetan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi program Angkringan Mbah Karso, persiapan penyiar sebelum melakukan siaran, dan cara penyiar memunculkan karakter dalam program tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan prosedur pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah penyiar radio pada Program Angkringan Mbah karso. Hasil perolehan data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, isi program Angkringan Mbah Karso yang berisikan obrolan komedi santai namun tetap disisipkan pesan pesan edukasi disetiap tayangannya. Hal inilah yang menjadi daya tarik terhadap para pendengar ketika akan mendengarkan program Angkringan Mbah Karso. Kedua, persiapan penyiar sebelum melakukan siaran adalah mempersiapkan mulai dari vokal dengan logat khusus serta mempersiapkan kosetum dan make up selayaknya kakek-kakek. Ketiga, Gaya komunikasi yang digunakan oleh penyiar program Angkringan Mbah Karso untuk memunculkan karakter meliputi dua gaya komunikasi, yaitu penyiar mengedepankan aspek kesamaan dalam berkomunikasi dengan mengedepankan komunikasi yang bersifat dua arah (the equalitarian style of communication), dan gaya komunikasi yang lebih mengedepankan kesediaan untuk menerima saran, pendapat, ataupun gagasan orang lain (the relinquishing style). Dengan gaya fisik yang menyerupai kakek kakek serta logat khusus yang dimiliki Mbah Karso.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faiq Ainurrofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Apr 2024 01:24
Last Modified: 04 Apr 2024 01:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27297

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item