Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pengrajin Alas Kaki UD. Athyyah Kota Mojokerto Dalam Memasarkan Produk UMKM

Fachrurdinsyah, Mochamad Rizqi (2024) Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pengrajin Alas Kaki UD. Athyyah Kota Mojokerto Dalam Memasarkan Produk UMKM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
FULL SKRIPSI WM-Mochamad Rizqi Fachrurdinsyah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mochamad Rizqi Fachrurdinsyah. 2024. Pemanfaatan Whatsapp Sebagai
Media Komunikasi Pemasaran Pengrajin Alas Kaki UD. Athyyah Kota
Mojokerto Dalam Memasarkan Produk UMKM. Skripsi. Jurusan
Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr.
Iswahyudi, M.Ag.
Kata Kunci : Whatsapp, Komunikasi Pemasaran, UMKM
Banyaknya perusahaan ataupun pebisnis yang menggunakan media sosial
khususnya media Whatsapp merupakan fenomena yang sangat signifikan pada
dunia bisnis modern, hal tersebut mencerminkan betapa pentingnya peran media
sosial tersebut. Di Kota Mojokerto sendiri, banyak sekali perusahaan yang sudah
memanfaatkan media whatsapp sebagai media komunikasi pemasaran produk
mereka. UMKM UD. Athyyah merupakan industri rumahan yang mampu
memanfaatkan Whatsapp sebagai salah satu media pendukung komunikasi
pemasaran produk alas kaki, baik itu di pasar lokal hingga pasar internasional.
Penelitian ini akan membahas tentang pemanfaatan media Whatsapp sebagai
media komunikasi pemasaran pengrajin alas kaki UD. Athyyah dalam
memasarkan produk UMKM.
Rumusan masalah yang diambil adalah bagaimana cara UMKM melakukan
komunikasi pemasaran di Whatsapp, dan bagaimana pemanfaatannya, beserta
hambatan komunikasi pemasarannya. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan yang digunakan
adalah kualitatif untuk menggambarkan dan mendeskripsikan bagaimana media
Whatsapp dimanfaatkan sebagai media komunikasi pemsaran UD. Athyyah
dalam memasarkan produk UMKM nya. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi pada UD. Athyyah.
Hasil dari penelitian ini yakni sebagai berikut : Pertama, UD. Athyyah
melakukan beberapa komunikasi pemasaran melalui Whatsapp yakni dengan
cara periklanan, promosi, publikasi, dan penjualan pribadi. Kedua, UD. Athyyah
hanya memanfaatkan beberapa fitur saja dalam Whatsapp sebagai media
komunikasi pemasaran mereka seperti Whatsapp Business Account, Whatsapp
Broadcast, dan Whatsapp Story atau status Whatsapp. Ketiga, Hambatan yang
terjadi dalam proses komunikasi pemasaran melalui Whatsapp adalah adanya
hambatan dalam perancangan pesan (encoding), kemudian dalam proses
transmisi atau pengiriman pesan, dan hambatan dalam penerimaan pesan
(decoding).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Apr 2024 01:23
Last Modified: 04 Apr 2024 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27295

Actions (login required)

View Item View Item