Kepemimpinan Kiai Dalam Pengembangan Kinerja Tenaga Pendidik Di Pon Pes Darussalam Mekar Agung Madiun

Mahfudz, Nasaikhul (2018) Kepemimpinan Kiai Dalam Pengembangan Kinerja Tenaga Pendidik Di Pon Pes Darussalam Mekar Agung Madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TESIS MAHFUDZ OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Mahfudz, Nasaikhul. Kepemimpinan Kiai dalam Pengembangan Kinerja Tenaga Pendidik di Pondok Pesantren Darussalam Mekar Agung Madiun. Tesis,Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Aksin, M.Ag.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Kiai, Tenaga Pendidik.
Kepemimpinan kiai dalam dunia pondok pesantren sangat dibutuhkan guna mendukung semua aktivitas kehidupan para santri. Sejarah menyatakan bahwa kiai perintis dan pendiri pesantren tidak berangkat dari kerangka dan rumusan teoritis keilmuan manajemen dan teori kepemimpinan (leadership theoritis), tetapi berangkat dari empirik (pengalaman lapangan). Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menjadikanya sebuah penelitian sebagai tugas akhir dengan judul “Kepemimpinan Kiai dalam Pengembangan Kinerja Tenaga Pendidik di Pondok Pesantren Darussalam Mekar Agung Madiun.” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah,(1) Bagimana gaya kepemimpinan kiai dalam pengembangan kinerja tenaga pendidik di PPDMA Madiun ?, (2) Bagaiamana implikasi kepemimpinan kiai dalam pengembangan kinerja tenaga pendidik di PPDMA Madiun ?, (3) Bagaimana kontribusi kepemimpinan kiai dalam pengembangan kinerja tenaga pendidik di PPDMA Madiun ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian descriptive research. Lokasi penelitian ini adalah PPDMA Madiun. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi non partisipatif, wawancara terstruktur dan mendalam serta dokumentasi. Analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi.
Berdasarkan proses pengumpulan dan alalisis data, peneliti dapat menyimpulkan beberapa hal. Pertama, peran kiai sangat urgen dalam kepemimpinan di PPDMA Madiun dengan menggunakan gaya kepemimpinan visioner yang mana kiai selalu mengikuti perkembangan zaman dan mewujudkna visi lembaga PPDMA sehingga tercapainya wujud dari visi dan misi PPDMA, diantaranya mampu mewujukan tenaga pendidik yang arif, bertanggung jawab, berwibawa dan bertanggung jawab.
Kedua, implikasi kepemimpinan kiai sangat terasa dan dirasakan oleh para dewan asatidz/dzah juga para santri dengan menirukan gaya berwibawa, sopan santun, ramah, mampu memberikan visi misi yang akurat dan mampu menyelesaikan berbagai masalah tanpa membebani atau menyakiti pihak lain..
Ketiga, kontribusi yang dihasilkan oleh kiai Abdu Aziz adalah mampu mempertahankan model pendidikan yang kuno yang baik dan memperpadukan pembelajaran yang modern yang lebih baik, hinggat terwujudnya sekolah formal seperti, PAUD Darussalam, MTs dan MA Wali Songo serta Fakultas Program Studi Sastra Bahasa Indonesia yang masih marger dengan STKIP Ponorogo hingga saat ini dan sudah meluluskan angkatan pertama pada tahun 2016-Sekarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Aksin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:39
Last Modified: 28 Mar 2024 06:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27284

Actions (login required)

View Item View Item