...SCAN FULL SATU LEMBAR PADA PERSETUJUAN, KEASLIAN TULISAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TANPA TERPOTONG, UPLOAD ULANG)...Manajemen Keuangan Multiusaha Dalam Menjaga Tingkat Stabilitas Distribusi Dana dan Anggaran

Rahmadani, Kristin Rista (2024) ...SCAN FULL SATU LEMBAR PADA PERSETUJUAN, KEASLIAN TULISAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TANPA TERPOTONG, UPLOAD ULANG)...Manajemen Keuangan Multiusaha Dalam Menjaga Tingkat Stabilitas Distribusi Dana dan Anggaran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
401200227_KRISTIN RISTA RAHMADANI_EKONOMI SYARI'AH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen keuangan merupakan pondasi utama dalam mengelola usaha dan menentukan stabilitas serta pertumbuhan perusahaan. Meskipun Gunari menerapkan pengelolaan keuangan yang baik dan pembiayaan silang untuk mendukung usaha yang stagnan ternyata masih ada ketidakpastian mengenai efektivitas strategi tersebut. Terdapat kesenjangan antara teori dengan fakta dilapangan dimana masih ada ketidakjelasan mengapa usaha yang menerapkan pembiayaan silang mengalami stagnasi atau bahkan kerugian.
Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan pengelolaan keuangan pada multiusaha Gunari yang mengalami kondisi stagnan, alasan pemilihan pembiayaan silang dan dampaknya terhadap stabilitas distribusi dana dan anggaran. Diharapkan dapat melihat efektivitas sistem dalam menjaga keseimbangan distribusi dana dan anggaran untuk mendukung operasional perusahaan. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan data melalui interaksi observasional dengan responden.
Penelitian ini menunjukkan hasil bahwasanya meskipun Gunari telah mengelola keuangannya dengan baik, beberapa usaha mengalami stagnasi karena faktor sekunder yang dianggap sepele. Pembiayaan silang dipilih untuk mengatasi keuntungan minim dan penurunan likuiditas dengan memperluas usaha serta mengevaluasi risiko. Namun, meskipun teoretisnya pendekatan ini diharapkan membantu stabilitas keuangan, dalam kenyataannya tidak efektif dalam menyelamatkan usaha yang mengalami kesulitan finansial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:12
Last Modified: 27 Mar 2024 01:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27276

Actions (login required)

View Item View Item