Penetapan Harga Fotokopi Di Arthur Jaya Prespektif Etika Bisnis Islam

Astuti, Indah Dwi (2024) Penetapan Harga Fotokopi Di Arthur Jaya Prespektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_INDAH DWI A_WATERMARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Astuti, Indah Dwi. “Penetapan Harga Fotokopi Di Arthur Jaya Prsespektif Etika Bisnis Islam”. Skripsi 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Prof. Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.
Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Penetapan Harga, Fotokopi
Etika bisnis Islam merupakan akhlak dalam menjalankan suatu kegiatan bisnis sesuai dengan aturan dan nilai-nilai dalam Islam. Penetapan harga dalam Islam sangat penting dan merupakan aspek penentu kegiatan ekonomi suatu tatanan masyarakat Islam. Fotokopi Arthur Jaya merupakan salah satu bentuk usaha yang bergerak pada bidang fotokopi serta menyediakan pelayanan di bidang penjualan alat tulis dan kantor. Dengan adanya penetapan harga yang berprinsip pada etika bisnis Islam dapat mewujudkan bisnis yang mashlahah, memperoleh keuntungan bisnis yang baik, dan memberikan manfaat kepada konsumen sesuai dengan harga produk yang ditetapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penetapan harga fotokopi Arthur Jaya menurut etika bisnis Islam, menganalisis faktor faktor yang mempengaruhi penetapan harga pada usaha fotokopi Arthur Jaya, dan menganalisis dampak dari penetapan harga pada usaha fotokopi Arthur Jaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Fotokopi Arthur Jaya telah mampu memenuhi etika penetapan harga dalam etika bisnis Islam, pada aspek keadilan. Sedangkan pada aspek kejujuran dan tidak melipatgandakan harga masih belum diperhatikan secara maksimal, ditunjukkan dengan adanya praktik pembulatan harga. Fotokopi Arthur Jaya telah mampu memenuhi faktor-faktor dalam penetapan harga, pada aspek; biaya, persaingan, persepsi pelanggan, dan tujuan perusahaan. Sedangkan pada aspek permintaan dan lokasi usaha masih belum diperhatikan secara maksimal sehingga perlu adanya evaluasi dan perbaikan. Fotokopi Arthur Jaya melakukan praktik pembulatan harga dalam transaksi jual beli, sehingga melanggar nilai-nilai yang ada pada Etika Bisnis Islam. Penetapan harga dengan sistem pembulatan harga di usaha fotokopi berdampak pada terjadinya penurunan omzet penjualan, keuntungan, maupun pangsa pasar. Selain itu, Pembulatan harga dapat membuat konsumen merasa dirugikan karena dengan adanya pembulatan tanpa konfirmasi tersebut konsumen merasa dibohongi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Mar 2024 01:44
Last Modified: 26 Mar 2024 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27275

Actions (login required)

View Item View Item