Efektivitas Hukum Dalam Pengembangan Filantropi Islam Melalui Program Gerak Keusahawanan Halal Pusat Islam Universiti Sains Malaysia

Rizqi, Niqmah Kholifatul (2024) Efektivitas Hukum Dalam Pengembangan Filantropi Islam Melalui Program Gerak Keusahawanan Halal Pusat Islam Universiti Sains Malaysia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI NIQMAH KHOLIFATUL RIZQI 102200042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rizqi, Niqmah Kholifatul, 2024. Efektivitas Hukum dalam Pengembangan Filantropi Islam Melalui Program Gerak Keusahawanan Halal Pusat Islam Universiti Sains Malaysia. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I.
Kunci: Efektivitas Hukum, Pengembangan Filantropi Islam, Zakat
Kemiskinan menjadi persoalan krusial yang dihadapi oleh negara Malaysia. Berbagai rancangan kebijakan pembangunan dirangkaikan dalam misi pengentasan kemiskinan, salah satunya yaitu optimalisasi pengembangan filantropi Islam melalui bidang zakat termasuk di negeri bagian yaitu Pulau Pinang. Namun, sejauh ini pelaksanaan pengurusan zakat mengalami beberapa tantangan, diantaranya keterbatasan regulasi yang diberlakukan, metode “dakwah” yang digunakan oleh lembaga Amil Zakat dinilai kurang relevan, hingga berdampak pada tingkat kesadaran masyarakat akan kepengurusan zakat yang masih rendah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana analisis efektivitas hukum dalam regulasi pengembangan filantropi Islam melalui program gerak keusahawanan halal Pusat Islam Universiti Sains Malaysia? (2) Bagaimana analisis efektivitas hukum dalam Lembaga pengembangan filantropi Islam dan pemenuhan sarana prasarana dalam program gerak keusahawanan halal Pusat Islam Universiti Sains Malaysia? (3) Bagaimana analisis efektivitas hukum terhadap kesadaran masyarakat dan kebudayaan yang berlaku terhadap pengembangan filantropi Islam melalui program gerak keusahawanan halal Pusat Islam Universiti Sains Malaysia?
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah metode deduktif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: pertama, regulasi yang diberlakukan telah sepenuhnya efektif baik secara kualitatif ataupun kuantitatif. Di mana regulasi yang digunakan telah tercantum dalam setiap tingkatan mulai dari Undang-undang, Fatwa, hingga Warta Kerajaan Pulau Pinang. Kedua, Lembaga pengembangan filantropi Islam yaitu Sektor Zakat Kecemerlangan Perkhidmatan dan Korporat Pusat Islam USM telah efektif dan sejalan dengan ketetapan yang diberlakukan oleh Zakat Pulau Pinang dalam kepengurusan pengumpulan, distribusi, dan program pendayagunaan zakat termasuk program gerak keusahawanan halal dengan menyediakan sarana prasarana baik dalam hal pendampingan sertifikasi halal, pelatihan kewerausahaan, bantuan modal tambahan, hingga penyediaan tempat perniagaan. Ketiga, Kesadaran masyarakat dan kebudayaan yang berlaku menunjukkan adanya keefektifan hukum dibuktikan dengan progresifitas jumlah pembayar zakat yang didukung oleh keberadaan program gerak keusahawanan halal baik dijalankan oleh asnaf pelajar ataupun masyarakat Pulau Pinang dalam upaya pendayagunaan zakat berbasis kewirausahaan sehingga tujuan pelaksanaan program dapat tercapai yaitu mustahik dapat mencapai nisabnya sehingga berubah status menjadi muzakki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Mar 2024 01:43
Last Modified: 26 Mar 2024 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27274

Actions (login required)

View Item View Item