Analisis Efektivitas Hukum Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal Pada Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo

Lusianti, Shely Alfina (2024) Analisis Efektivitas Hukum Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal Pada Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190046_SHELY ALFINA LUSIANTI_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lusianti, Shely Alfina 2024. Analisis Efektivitas Hukum Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal Pada Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Nugroho Noto Diharjo, M.E.
Kata Kunci/Keywords: Efektivitas Hukum, Jaminan Produk Halal
Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal bahwa seluruh produk pangan olahan yang diproduksi dan dikemas untuk diperdagangkan di dalam wilayah Indonesia wajib mencantumkan keterangan halal setelah mendapatkan sertfikasi halal. Seluruh pelaku usaha baik mikro ataupun makro bisa secara langsung mengajukan persyaratannya kepada satgas halal, yang selanjutnya akan di proses oleh BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal). Berdasarkan data, pelaku UMKM di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo dengan jenis usaha produksi yaitu memiliki jumlah 366 pelaku usaha. Dan berdasarkan data yang ada, jumlah pelaku UMKM yang telah mendaftarkan sertifikasi halal berjumlah 264 pelaku usaha. Itu artinya masih terdapat pelaku usaha yang belum mendaftarkan produknya agar memiliki sertifikat halal, dan bahkan ada yang belum memahami terkait sertifikasi halal. Maka dengan adanya undang-undang tersebut di atas perlu dilakukan suatu kajian terkait efektivitas melalui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas hukum seperti penegak hukum dan masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana analisis efektivitas hukum terhadap penegak hukum atas kewajiban sertifikasi halal pada produk UMKM di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo?, Bagaimana analisis efektivitas hukum terhadap kesadaran masyarakat atas kewajiban sertifikasi halal pada produk UMKM di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis pendekatan hukum empiris. Dan untuk teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, serta observasi. Meotode analisis yang digunakan dalam penelitian ini merupakan meotode induktif.
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pertama, efektivitas penegak hukum atas kewajiban sertifikasi halal pada produk UMKM di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo sudah cukup efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan tugas yang telah ditentukan seperti sosialisasi telah dilaksanakan. Dan juga mereka mencoba melakukan pendampingan kepada masyarakat yang belum memiliki NIB yang merupakan salah satu syarat pendaftaran sertifikasi halal. Kedua, efektivitas kesadaran masyarakat atas kewajiban sertifikasi halal pada produk UMKM di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo belum sepenuhnya efektif. Faktor yang menyebabkan rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendaftar sertifikasi halal karena pelaku usaha masih bersifat pasif atau tidak ada kemauan dari diri sendiri untuk segera mengajukam pembuatan sertifikasi halal, dan masih adanya kepercayaan masyarakat yang kurang memperhatikan pentingnya sertfikasi halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nugroho Noto Diharjo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Mar 2024 01:38
Last Modified: 26 Mar 2024 01:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27272

Actions (login required)

View Item View Item