Teknologi Combine Harvester Dan Dampaknya Terhadap Buruh Tani Di Desa Ngasinan Kecamatan Jetis Ponorogo

Erika, Fina Dwi (2024) Teknologi Combine Harvester Dan Dampaknya Terhadap Buruh Tani Di Desa Ngasinan Kecamatan Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Ethesis Fina Dwi Erika_401200045_ES .pdf

Download (1MB)

Abstract

Erika, Fina Dwi. Teknologi Combine Harvester dan dampaknya terhadap buruh tani di Desa Ngasinan Kecamatan Jetis Ponorogo. Skripsi. 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Hanik Fitriani, M.E.Sy.
Kata Kunci: Teknologi Combine Harvester, Dampak ekonomi, Dampak Sosial
Setelah adanya teknologi Combine Harvester di Desa Ngasinan Kecamatan Jetis Ponorogo, penggunaan Sumber Daya Manusia (SDM) tidak lagi seperti dahulu, karena penggunaan teknologi membuat pekerjaan menjadi mudah, menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitianya adalah penelitian lapangan, data yag diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis pada peelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis teknologi Combine Harvester dan dampaknya terhadap buruh tani di Desa Ngasinan Kecamatan Jetis Ponorogo.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui fenomena teknologi Combine Harvester di Desa Ngasinan Kecamatan Jetis Ponorogo (2) Untuk mengetahui dampak teknologi Combine Harvester terhadap ekonomi buruh tani di Desa Ngasinan Kecamatan Jetis Ponorogo (3) Untuk mengetahui dampak teknologi Combine Harvester terhadap sosial buruh tani di Desa Ngasinan Kecamatan Jetis Ponorogo.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Fenomena teknologi Combine Harvester di Desa Ngasinan Kecamatan Jetis Ponorogo memberikan dampak positif memudahkan para petani dalam proses pemanenan padi dengan menggunakan teknologi Combine Harvester dan dampak negatif mengeser peran kerja buruh tani sehingga buruh tani tidak memiliki pekerjaan sehingga angka pengangguran di desa mengalami peningkatan. (2) Dampak teknologi Combine Harvester terhadap ekonomi buruh tani terhadap pendapatan menurun, aktivitas ekonomi menurun, pengeluaran meningkat terus menerus sehingga harus dipenuhi dengan berhutang. (3) Dampak teknologi Combine Harvester terhadap sosial buruh tani hubungan sosial antara petani dan buruh tidak lagi rukun seperti dulu, perubahan sosial di mana petani selalu menggunakan teknologi Combine Harvester, gaya hidup buruh seadanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:19
Last Modified: 25 Mar 2024 01:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27268

Actions (login required)

View Item View Item