...(SCAN LEMBAR BERTTD SESUAI ASLINYA/ TANPA WATERMARK, DAN TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS) UPLOAD ULANG)...Pembinaan Karakter Relegius Siswa (Studi di MIN 2 Kota Madiun)

Erza Arlianti, Maturrofiah (2024) ...(SCAN LEMBAR BERTTD SESUAI ASLINYA/ TANPA WATERMARK, DAN TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS) UPLOAD ULANG)...Pembinaan Karakter Relegius Siswa (Studi di MIN 2 Kota Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203180044_ERZA ARLIANTI MATURROFIAH_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Maturrofiah, Erza Arlianti. 2024. Pembinaan Karakter Religius Siswa (Studi Di MIN 2 Kota Madiun). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M.Pd.

Kata kunci: integrasi, pendidikan karakter, religius, siswa.

Pendidikan karakter pada mata-mata pelajaran selain pendidikan agama dan PPKn juga harus dilakukan untuk menginternalisasi nilai-nilai dalam tingkah laku sehari-hari melalui proses pembelajaran dari tahapan perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui integrasi pendidikan karakter religius dalam pembelajaran, dalam budaya sekolah, dan dalam kegiatan ekstrakulikuler di MIN 2 Kota Madiun.
Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif (qualitative research) dengan jenis penetilian fenomenologi. Penelitian ini di lakukan di MIN 2 Kota Madiun. Data penelitian bersumber data primer adalah Kepala sekolah, guru kelas, dan guru ekstrakurikuler dan sumber data sekunder adalah peserta didik/siswa dan kajian teori atau konsep yang relevan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan integrasi pendidikan karakter religius tertuang pada mata pelajaran yaitu SKI, Fikih, Akidah Akhlak, Al-Qur’an Hadits, Bahasa Arab sebagai ciri khas MIN 2 Kota Madiun, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Seni, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Integrasi pendidikan karakter religus dalam budaya sekolah melalui strategi pembiasaan, kegiatan ekstrakurikuler agama, pola asuh dari guru, serta hukuman dan keteladanan diwujudan dengan sholat Dhuha dan sholat Dhuhur berjama’ah, Tahassus atau hafalan surat-surat pendek sebelum jam pelajaran di mulai, kegiatan sambut, sapa, senyum, salim, salam. Integrasi pendidikan karakter religus dalam kegiatan ekstrakurikuler diwujudkan melalui kegiatan pengembangan terdiri dengan layanan dan kegiatan pendukung konseling, kepramukaan, bidang keagamaan, bidang kesenian, bidang perakitan, bidang akademik, bidang olah raga, pelaksanaan do’a bersama, tadarus Al-Qur’an, Shalat dzuhur berjama’ah, pembiasaan salam, senyum, sapa, cium tangan guru, membuang sampah pada tempatnya, dan besuk teman dan guru yang sakit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:13
Last Modified: 25 Mar 2024 01:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27262

Actions (login required)

View Item View Item