Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Ikan Bandeng Semian, Balian, Dan Rame Tangan Di Desa Karangrejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

Arafat, Ahmad Baihaqi (2024) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Ikan Bandeng Semian, Balian, Dan Rame Tangan Di Desa Karangrejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi - Ahmad Baihaqi Arafat - 102200115 - HES .pdf

Download (1MB)

Abstract

Baihaqi Arafat, Ahmad, 2024. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Ikan Bandeng Semian, Balian, dan Rame Tangan Di Desa Karangrejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muh. Maksum, M.E.Sy.

Kata Kunci: Takaran, Mekanisme Pembayaran, Hukum Islam

Sesuai dengan ajaran agama Islam dalam jual beli tidak boleh melanggar ketentuan hukum Islam karena bertujuan menciptakan kebaikan diantara sesama umat muslim. Jual beli ikan bandeng semian, balian, dan rame tangan di Desa Karangrejo terdapatnya takaran tidak sesuai dengan akad dan mekanisme pembayaran yang menyebabkan kerugian disalah satu pihak.

Rumusan penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam pada takaran Jual Beli Ikan Bandeng Semian, Balian, dan Rame Tangan di Desa Karangrejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme pembayaran pada jual beli Ikan Bandeng Semian, Balian, dan Rame Tangan di Desa Karangrejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik?

Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah metode induktif.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwah: pertama, takaran pada jual beli ikan bandeng semian, balian, dan rame tangan di Desa Karangrejo tidak sesuai dengan takaran dalam istilah fiqih yaitu makku>k dan hukum Islam sebab mengandung gharar yaitu gharar al-katsi>r/al-fahisyah. Karena adanya perbedaan kuantitas dan kuwalitas dari ikan bandeng tersebut. Kedua, Mekanisme pembayaran pada jual beli ikan bandeng, semian, balian, dan rame tangan di Desa Karangrejo terdapat dua metode. Metode pertama sesuai dengan jual beli salam, karena dalam pembayarannya dilakukan setelah barang diterima, meskipun tanpa ada uang muka ketika akad. Sedangkan metode kedua sudah sesuai dengan syarat jual beli salam, karena memberikan uang muka minimal 50% dari total harga pembelian pada waktu terjadinya akad, kemudian pelunasannnya dilakukan setelah diterima barang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Maksum
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:10
Last Modified: 18 Mar 2024 06:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27256

Actions (login required)

View Item View Item